Pemilu 2009, Perolehan Suara PKB 61 Persen

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan memperoleh peningkatan suara sebesar 61% pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2009 mendatang. Keyakinan ini mengemuka dalam rapat kerja Lembaga Pemenangan Pemilu Partai Kebangkitan Bangsa (Raker LPP PKB), di Jakarta, Sabtu (16/2).

“Saya tidak pernah khawatir dengan orang-orang di luar yang menyatakan suara PKB akan berkurang pada pemilu 2009. Mengapa? Karena saya yakin meski PKB sempat dilanda konflik internal, namun itu tidak berpengaruh. Justru sebaliknya kata ulama yang besorban putih-putih itu, suara PKB akan menjadi 61 persen. Nah, suara ulama itu sama dengan suara rakyat,” papar Ketua Umum Dewan Syura DPP PKB, KH Abdurrahman Wahid. “Dengan suara 61 persen tersebut berarti PKB pada pemilu 2009 itu akan memiliki 311 kursi di DPR RI,” lanjut dia .

Hal senada diungkapkan Ketua LPP PKB, Prof. Dr Mahfud MD. Menurut dia, pada pemilu 2009 mendatang PKB akan memperoleh suara lebih besar, karena tokoh dan warga Nahdlatul Ulama (NU) yang selama ini ada di luar PKB akan kembali ke partai milik kaum nahdliyyin ini.

“Saya yakin paling tidak PKB akan mempertahankan 12.113.000 suara hasil pemilu 2004. Dari jumlah itu sebanyak 80 persen berasal dari Jawa, sedangkan yang 20 persen dari luar Jawa,” kata dia.

Untuk luar Jawa, lanjut Mahfud, akan bertambah karena wilayah-wilayah seperti Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) itu pada Pemilu 1955 merupakan basis NU. “Itulah yang menjadi tantangan kami pada Pemilu 2009,” tegasnya.

Menyongsong pemilu 2009 berbagai persiapan dan pendekatan kepada basis NU menurutnya tengah dipersiapkan. Pendekatan sillaturahmi menurutnya adalah salah satu yang akan dilakukan PKB di kalangan warga nadhliyyin. Selain menciptakan emosionalitas NU dan penguatan ideologi Ahlusunnah Wal Jamaah.

Sementara itu, Ketua Umum DPP PKB A.Muhaimin menegaskan pentingnya peranan LPP PKB dalam upaya pemenangan PKB pada pemilu 2009 mendatang. Menurutnya LPP PKB ini merupakan ujung tombak dari seluruh rangkaian kegiatan PKB, karena akan mengantarkan PKB pada hajatan besarnya di pemilu 2009. Atas dasar itu Muhaimin berharap LPP PKB segera merumuskan langkah-lagkah perjuangan untuk kemenangan PKB pada pemilu 2009 itu.

“Besarnya PKB pada 1999 dan 2004 karena sejak dilahirkan pada Juli 1998 tema yang diangkat adalah anti Orde Baru (Orba). Pengumpulan kekuatan NU dan semua kader NU melihat PKB sebagai partai masa depan bangsa ini,” ungkap Muhaimin yang juga Wakil Ketua DPR RI itu.

Untuk pemilu 2009 mendatang, Muhaimin menegaskan perlunya mengangkat isu-isu lokal di daerah. “Isu-isu lokal yang relevan di daerah cukup mendapat respon positif masyarakat setempat. Ini perlu mendapat perhatian PKB kedepan,” sebut Muhaimin.

Hal senada diungkap Sekjen DPP PKB, Yenny Wahid. Mengemas isu-isu lokal menurutnya cukup efektif mengangkat citra partai. Dirinya mencontohkan kasus Lapindo yang terus diperjuangkan PKB mendapat perhatian luar biasa dari masyarakat.

“Kasus Lapindo misalnya, keberpihakan kita jelas dan sudah final. Bela kepentingan korban, dan ini salah satu isu lokal dan PKB berhasil berperan disana kendatipun tinggal berjalan sendiri di DPR misalnya, karena Fraksi lain mulai bertumbangan,” ungkap Yenny.

Rapat kerja LPP PKB selain dihadiri Ketua Umum Dewan Syuro DPP PKB KH. Abdurrahman Wahid, Ketua Umum DPP PKB A. Muhaimin Iskandar, Sekjen DPP PKB Zannuba AC wahid, Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa DPR RI Effendy Choirie, jajaran pengurus DPP PKB dan FKB DPR RI. Acara juga dihadiri Ketua PBNU KH. Masdar Mas’udi dan Direktur LSI, Saiful Mujani yang menjadi narasumber dalam dialog bertema “Strategi PKB dalam Pemenangan Pemilu 2009”.

(dikutip dari www.dpp-pkb.org)

About these ads

~ by isdiyanto on 26 February 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: