Setelah Akhirnya Harga BBM Naik

Setelah sempat menjadi perhatian masyarakat luas selama beberapa pekan terakhir, akhirnya pemerintah benar-benar menaikkan harga BBM. Pengumuman kenaikan harga BBM yang disampaikan pemerintah melalui sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu dilaksanakan pada Jumat (23/5) malam. Kenaikan harga BBM -yang menurut pemerintah tidak bisa dihindari lagi- rata-rata sebesar 28,7 persen berlaku mulai Sabtu (24/5) pukul 00.00 WIB.

Harga premium yang semula Rp 4500 per liter naik menjadi Rp 6000 per liter (naik 33,33 persen), solar yang semula Rp 4300 per liter naik menjadi Rp 5500 per liter (naik 27,90 persen) dan minyak tanah yang semula Rp 2000 per liter menjadi Rp 2500 per liter (naik 25 persen).

Dengan kenaikan harga BBM tersebut, bisa dipastikan akan diikuti dengan kenaikan harga-harga beberapa komoditi lainnya. Dan yang paling utama terkena dampak kenaikan harga BBM ini adalah sektor perhubungan, yang otomatis akan menaikkan tarifnya. Dengan demikian maka tak dapat dihindarkan lagi, pengeluaran akan bertambah setiap bulannya. Sementara pendapatan belum tentu mengalami peningkatan.

Otak harus senantiasa tetap tenang dan berfikir bagaimana agar tetap bisa hidup ditengah himpitan lonjakan pengeluaran. Pengeluaran harus diatur sedemikian rupa supaya bisa tercover dengan pendapatan yang ada. Berhemat dan berhemat harus dilakukan mulai sekarang. Lantas bagaimana dengan sebagian masyarakat yang selama ini telah melakukan penghematan dengan pendapatannya yang minim? Sungguh situasi yang sangat membutuhkan kearifan dalam menghadapinya. *

About these ads

~ by isdiyanto on 25 May 2008.

5 Responses to “Setelah Akhirnya Harga BBM Naik”

  1. Ya, akhirnya naik. Tinggallah masing-masing mensiasati hidup masing-masing. Indonesia … begitulah.

  2. Harus cari jalan keluar buat tambahan beli bbm :)

  3. hemat ..hemat.. dalam hal apa saja sekali lagi harus hemat

  4. Mari kita galang kemandirian ekonomi masyarakat Indonesia sambil terus menerus mengingatkan para penentu kebijakan untuk memprioritaskan rakyat dalam setiap solusinya.
    Ayo Indonesia, Bangkit!

  5. Lagi2 BBM…pusing………..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: