Sarolangun in The Picture

Selama bekerja sebagai tukang desain atau pracetak di Harian Pagi Sarolangun Ekspres (Jawa Pos Group) di Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi dan mengharuskan tinggal di Kabupaten Sarolangun banyak kisah manis yang telah terukir. Kabupaten Sarolangun yang merupakan salah satu kabupaten hasil pemekaran yang ada di Provinsi Jambi memiliki perkembangan yang cukup pesat.

Berikut 21 foto pilihan yang mungkin bisa menggambarkan sedikit mengenai kondisi di Bumi Sepucuk Adat Serumpun Pseko -sebutan Kabupaten Sarolangun- yang diambil pada pertengahan tahun 2007 hingga pertengahan tahun 2008 yang lalu. Sebagian adalah merupakan hasil jepretan pribadi, namun sebagian besar lainnya merupakan dokumentasi Harian Pagi Sarolangun Ekspres.

kantor bupati sarolangun

Kantor Bupati Sarolangun terletak di Komplek Perkantoran Gunung Kembang No.1 Kabupaten Sarolangun. Saat ini Kabupaten Sarolangun dipimpin oleh Drs. H. Hasan Basri Agus, MM. Bupati HBA -sapaan akrab Drs. H. Hasan Basri Agus, MM- menjalankan roda pemerintahan Kabupaten Sarolangun bersama Drs. H. Cek Endra (CE) sebagai wakil bupati dan Ir. M. Basyari sebagai sekretaris daerah (Sekda). Duet kepemimpinan HBA-CE memiliki visi mewujudkan Sarolangun Emas (Ekonomi Maju, Aman, Adil dan Sejahtera) pada 2006-2011.

dprd kabupaten sarolangun

Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sarolangun yang merupakan kantor para wakil rakyat Kabupaten Sarolangun untuk menyuarakan aspirasi masyarakat Sarolangun terletak di Komplek Perkantoran Gunung Kembang Kabupaten Sarolangun. DPRD Kabupaten Sarolangun periode 2004-2009 -yang hampir habis masa jabatannya beberapa bulan lagi- saat ini diketuai oleh H. M. Neng Achmad.

gapura gunung kembang

Gapura yang merupakan pintu gerbang menuju Komplek Perkantoran Gunung Kembang Kabupaten Sarolangun berdiri dengan kokoh dan megah. Gapura ini menjadi pintu masuk utama menuju ke seluruh perkantoran milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun yang ada di Komplek Perkantoran Gunung Kembang. Untuk menjaga keamanan dan ketertiban di gapura tersebut juga terdapat pos Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sarolangun.

sunset gunung kembang

Jalan dengan dua jalur yang menuju Komplek Perkantoran Gunung Kembang Kabupaten Sarolangun tampak mulus dengan kondisi yang cukup berliku-liku dan dengan kondisi tanah yang tidak rata atau naik turun bak perbukitan. Pada saat sore hari biasanya jalan ini ramai oleh muda-mudi yang akan menghabiskan waktu di Lapangan Gunung Kembang sembari menikmati matahari tenggelam (sunset) di ufuk barat.

lapangan gunung kembang

Lapangan Gunung Kembang merupakan lapangan yang terletak di Komplek Perkantoran Gunung Kembang Kabupaten Sarolangun. Sebelumnya lapangan ini lebih dikenal dengan nama Lapangan Eks Arena MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an), karena memang lapangan ini pernah dijadikan sebagai arena MTQ Tingkat Provinsi Jambi ke 36 pada tahun 2006. Lapangan ini sering digunakan untuk upacara maupun kegiatan-kegiatan tingkat Kabupaten Sarolangun. Dalam foto tampak upacara yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 62 pada 17 Agustus 2007.

studio rspd sarolangun

Studio Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Kabupaten Sarolangun terletak di Komplek Perkantoran Gunung Kembang Kabupaten Sarolangun. RSPD Kabupaten Sarolangun mengudara melalui frekuensi 97.40 FM. Radio yang mengusung motto The Best Music, News, Information ini merupakan salah satu radio kebanggaan bagi masyarakat Sarolangun untuk mendapatkan informasi dan hiburan musik.

masjid agung al-falah sarolangun

Masjid Agung Al-Falah Kabupaten Sarolangun merupakan masjid kebanggaan masyarakat Sarolangun yang terletak di Kecamatan Sarolangun, tak jauh dari Rumah Dinas Bupati Sarolangun. Masjid Agung Al-Falah Kabupaten Sarolangun yang telah mengalami beberapa kali perluasan bangunannya ini mampu menampung ribuan jamaah.

rsud chatib quzwain

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof. dr. H. M. Chatib Quzwain merupakan RSUD milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun yang terletak di Jalan Lintas Sumatera KM.9 Desa Bukit Kecamatan Pelawan Kabupaten Sarolangun. RSUD Prof. dr. H. M. Chatib Quzwain diresmikan oleh Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin pada 24 Juni 2007 yang lalu.

unja kampus sarolangun

Kampus Universitas Jambi (Unja) Sarolangun merupakan kampus Unja yang terletak di Jalan Lintas Sumatera Sarolangun-Singkut KM.6. Kampus Unja yang terletak di Kabupaten Sarolangun ini mulai menerima pendaftaran mahasiswa baru sejak Tahun Ajaran 2008/2009 untuk Jurusan Diploma III (DIII) Keuangan Daerah dan Strata 1 (S1) Kimia.

kpu kabupaten sarolangun

Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sarolangun terletak di Jalan Lintas Sumatera Sarolangun, tak jauh dari Komplek Pasar Atas Sarolangun. Saat ini KPU Kabupaten Sarolangun diketui oleh Desriyanto, S.Pt.

kantor redaksi sarolangun ekspres a

Kantor Redaksi Harian Pagi Sarolangun Ekspres terletak di Jalan Kompi Senapan (Kipan) A No.10 Sri Pelayang Mudik Kelurahan Sarolangun Kembang (Sarkam) Kecamatan Sarolangun Kabupaten Sarolangun. Harian Pagi Sarolangun Ekspres merupakan harian pagi kebanggaan masyarakat Kabupaten Sarolangun dan sekitarnya yang terbit sejak 9 Juli 2007. Harian pagi yang merupakan grup Jawa Pos ini mengusung motto Selalu Ada yang Baru.

kantor redaksi sarolangun ekspres b

Kantor Redaksi Harian Pagi Sarolangun Ekspres turut menjadi sasaran luapan air Sungai Batang Tembesi yang membanjiri Kelurahan Sarolangun Kembang (Sarkam) dan beberapa wilayah lainnya di Kabupaten Sarolangun pada 15 Maret 2008 yang lalu. Banjir yang terjadi sejak Sabtu malam hingga Minggu siang tersebut tak menyurutkan semangat kru Harian Pagi Sarolangun Ekspres untuk tetap terbit -menyapa pembaca setianya- seperti biasa pada Hari Senin, 18 Maret 2008.

ancol sarolangun

Kawasan Ancol Sarolangun merupakan salah satu tempat rekreasi yang terdapat di pusat Ibu Kota Kabupaten Sarolangun yang tepatnya terletak di pinggiran Sungai Batang Tembesi di Kecamatan Sarolangun. Kawasan yang tepat berada di depan Rumah Dinas Bupati Sarolangun ini biasanya ramai dikunjungi masyarakat pada sore dan malam hari terutama malam Minggu. Terlebih setelah Kawasan Ancol Sarolangun ini dipercantik, dilengkapi dengan tempat duduk yang semakin menambah kenyamanan saat berada di Kawasan Ancol Sarolangun.

jembatan betrix before

Jembatan Betrix merupakan jembatan yang membentang di atas Sungai Batang Tembesi dan menjadi jalan alternatif bagi masyarakat dari Pasar Bawah Sarolangun yang akan menuju ke Kelurahan Sarolangun Kembang (Sarkam) ataupun sebaliknya. Jembatan Betrix dengan bentuknya yang cukup unik dengan empat lengkungan masih tampak cukup kokoh.

jembatan betrix after

Jembatan Betrix tampak lebih cantik dan lebih bersih setelah beberapa waktu yang lalu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun melakukan pengecatan pada jembatan tersebut. Jembatan Betrix yang memilik panjang sekitar 300 Meter tersebut dibersihkan dan dicat dengan warna orange. Jembatan Betrix biasanya dijadikan sebagai salah satu tempat nongkrong muda-mudi untuk menghabiskan waktu di sore hari. Sedangkan pada saat malam hari di Jembatan Betrix biasanya dijadikan sebagai tempat untuk memancing ikan oleh sebagian masyarakat Sarolangun.

jembatan betrix macet

Macet Total di Jembatan Betrix terjadi pada saat hari kedua Ramadhan 1428 Hijriyah yang lalu atau tepatnya pada Jumat sore, 14 September 2007. Kemacetan di Jembatan Betrix tak terhindarkan saat ramainya masyarakat yang menggunakan kendaraan roda dua dan empat akan menuju dan pulang dari Pasar Bedug yang digelar di Komplek Pasar Bawah Sarolangun. Ditambah lagi dengan adanya sebagian masyarakat yang nongkrong di jembatan tersebut. Jembatan Betrix memang dijadikan sebagai tempat nongkrong untuk menghabiskan waktu di sore hari sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba.

pasar bedug sarolangun

Pasar Bedug yang digelar di Komplek Pasar Bawah Sarolangun biasanya rutin dilaksanakan setiap tahunnya pada saat Bulan Ramadhan selama satu bulan penuh. Beraneka macam jajanan, lauk makanan dan minuman mulai dijajakan oleh pedagang sejak menjelang sore hari. Dengan harga yang cukup terjangkau, Pasar Bedug biasanya ramai dikunjungi masyarakat yang hendak mencari lauk dan jajanan untuk berbuka puasa.

dam kutur

Dam Kutur merupakan salah satu obyek wisata yang ada di Kabupaten Sarolangun yang tepatnya berada di Desa Monti Kecamatan Limun, sekitar 25 Kilometer dari Ibu Kota Kabupaten Sarolangun. Dam Kutur yang airnya berasal dari Sungai Kutur selain fungsi utamanya sebagai irigasi, juga dijadikan sebagai obyek wisata yang banyak dikunjungi masyarakat pada akhir pekan atau pada saat hari libur nasional. Selain dapat menikmati pemandangan yang masih alami dan asri, saat berada di Dam Kutur juga dapat menikmati hangatnya ikan bakar yang ditawarkan oleh masyarakat sekitar.

danau biaro

Danau Biaro merupakan salah satu obyek wisata alam (OWA) yang ada di Kabupaten Sarolangun yang tepatnya terletak di Desa Lidung Kecamatan Sarolangun. Udara sejuk dan alam yang masih sangat asri menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh Danau Biaro. Air danau yang cukup tenang menjadikan rasa nyaman bagi masyarakat saat berada di Danau Biaro.

terminal bus sarolangun lama

Terminal Bus lama Sarolangun terletak tepat di samping Komplek Pasar Atas Sarolangun. Pada 7 November 2007 yang lalu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun mulai memindahkan lokasi Terminal Bus lama ini ke Desa Bernai Kecamatan Sarolangun. Bekas lokasi Terminal Bus lama ini kemudian dibangun pusat perbelanjaan modern dan hotel.

terminal bus sarolangun baru

Terminal Bus sementara Sarolangun terletak di Jalan Lintas Sumatera KM.5 Desa Bernai Kecamatan Sarolangun Kabupaten Sarolangun. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun berencana membangun Terminal Bus baru dengan Type A dengan luas kurang lebih 7 Hektare di dekat lokasi Terminal Bus Sementara. *

About these ads

~ by isdiyanto on 9 June 2009.

34 Responses to “Sarolangun in The Picture”

  1. bagus ya……..

  2. sayang, semua hasil karya bersejarah tersebut belum ada yang menjadikannya sebuah buku bagi generasi yang akan datang…..Sepertinya sejarah tenggelam disana, tanpa ada yg tergelitik menjadikannya sebuah buku seperti aset wisata yanga ada dan juga sejarah Sarolangun itu sendiri.apakah haruus orang luar yang membuatnya??????

  3. Setelah lihat langsung kesana, bagus juga lho..
    sekalian jalan-jalan saat masa kukerta, di sarolangun.

  4. foto yg jembatan keren.. kayaknya keren kl buat foto2 bareng. :)

    oiya mas, aku kemarin br dari pemalang lho…

  5. hmmmf…
    elok…
    elok…
    elok laa… :)
    view nya ok juga…
    buat potho2 ma temen2 pasti seyuuu… :)

  6. Thank’s…. Infonya ….. Blog yang sangat menarik dan bagus Mas

  7. Heeem. .
    Betrix in memorian..
    28 NoV 07. .

  8. bagus ne untk sarolangun kedepanny dede siswa smk n1 sarolangun

  9. wah ternyata sarolangun itu lumayan kota ya?? saya kira gimana gitu,,, saolnya ada tawaran kerja untuk penempatan di sarolangun. jadi tertarik nieh tinggal di sarolangun.
    mohon informasinya lagi ya tentang sarolangun

  10. Informasi yang menarik tentang Sarolangun. Salam kenal..

  11. mmmm…..
    mang bagus…
    aku pengen bikin bku nya..
    aku kan anak sarolangun juga

    tapi aku pengen posting artikel nih..
    yah sejenis teguram lah..
    kirim kemana ya ??

    aku lupa emai sareks

  12. I Love Sarolangun…………. ^_^
    Love U Full

  13. sarolangun mantap……………

  14. jaDi kaNgen, uDa seTaun g puLang,,,
    tHx fOtonx y.. bSa sdikit nGobaTin hoMesick..
    huehe..
    moGa saRek tMbh maju..

  15. wah jadi rindu nih pulkam ke sarolangun…

  16. bersih bgt y…kyk kota yg br aj “menggeliat” dr tidur panjangnya…he2..

  17. sukses buat kampung halam ku,,,,,,,sarolangun tercinta,,,,

  18. ..hatiku tertinggal di Sarolangun…setahun tak terlupakan di Sarolangun…

  19. makasih buat pemilik blog ini…
    telah memperkenalkan Sarolangun…

  20. Q jg ninggal knangan lho., di Sarolangun…,. Knngan rese ma tukang 0jek.,.,

  21. bgus kn sarolangun………………

  22. main2 lh k sarolangun…….
    by;iwan ps.bawah

  23. jadi kangen slangun euy….dah 11 tahun dak balek….gila perubahannyo yo…dulu jembatan gantung tu masih blom disambung, jalan 2 arah blum ado, apolagi kantor2 masih buruk nian…btw aku dulu di kompi 142

  24. maju terus sarolangun

  25. wih keren juga ternyata kab. sarolangun…btw klo blh tampilin donk kantor UPT Kementerian kehutanan RI yg di sarolangun,katanya c dikawasan perkantoran kab. sarolangun…hmmm…Balai Taman Nasional Bukit Dua Belas…

  26. jadi kangen sarolangun nh,,,
    kalo bisa di tambah lg dunk info tntng srolngun,,,

  27. iya,, tambah lagi tentang sepucuk adat serumpun pseko tu ap ceritanya?
    biar tambah asik baca sejarah sarolangunya,,,

  28. sarolangun banyak banget wisata dan keindahan lainnya… tapi sayang pmerintah tidak memanfaatkannya….

    Taman Nasional Bukit 12 BELAS

  29. sarolangun terus berbenah demi kemajuan daerah dan daya juang SDM masyarakat juga perlu ditingkatkan, kampus sudah ada ngapain jauh_jauh kuliah manfaatkan situasi yang ada pada kabupaten sendiri,,,, woke coy

  30. ternyata bnyak y keindhan yg dmliki kbupaten srolangun… tpi syang pemerintah tdk mau menonjolkan smuanya.. ayo srolangun maju trus.. krna sya orang srolangun, tpi sya bru tahu bnyk kalau srolangun mmiliki t4 wisata yg sngat bguss..

  31. sygnya srolangun skrg,,, hmpir Smw sjrahny pnah gra2 gnersi skrg telh melpakan adat istiadat yg tlah ad d daerh kab.sarlngn smpe2 gag teu yg tlah trjdi d daerah sndri.
    cba wktu it d jga hngga d bntuk tmpat wisata shngga bnyk pra pndatng teu ap asl muasl srlng sblumnya..
    hmmm,smwny blom trlmbt slgi ad kemauan pasti ad jln…trss smngat untuk mnjga aset wsta yg msh ad d kab srlngun nee.mksh.

  32. Sarolangun itu Kabupaten yang menyumbang aset atau penghasilan provinsi jambi terbesar…
    Yang mampu menghidupkan atau mencerdaskan anak negeri…
    Tapi kenapa pemerintah masih saja tak memperhatikan masyarakat dan pendidikan untuk anak bangsa…

  33. sarolanngun,- saya adalah pendatang dari pasaman padag, tahun 2010 dan sampai sekarang sudah 2 tahu saya di sarolangun, saya disisni melajutkan studi di STIT DU Sareolangun setelah tamat SMA di pasaman..saya yag saat iibergabug di GERAKAN MAHASISWA SAROLANGUN, saya pikir sesuai cita2 sarolangun emas sejak kepemimpinan HBA da sekarag yang dipimpion oleh CE merupakan sinkronisasi dua tokoh yang memang memikirkan kemajuan daerah sarolangun, buktinya samapai saat ini CE sudah mlaksanakan tupoksinya sebagai kepala daerah degan maksimal meskipun bayak yang terkedala..namun hal itu utuk mewujudkan sarolagun emas perlu adaya kerja sama dari semua pihak terkait dan juga kepada masyarakat, karena kesadaran masyarakat sagan petig utuk kemajuan daerah, peigkata sumber daya masyarakat denga program SERJUSADE. semoga saja sarolagu untuk kefdepanya semakin maju dan berkembang, amin

  34. Makin bangga dan cinta sama sarolangun,.
    semoga saja tempat lahirku ini, akan terus maju dan berkembang kedepannya..
    “SEPUCUK ADAT, SERUMPUN PSEKO”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: