Belanja Batik di Pasar Grosir Setono

pasar grosir setono aPasca ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia oleh United Nations Educational, Scientific, and Culture Organization (UNESCO) pada 2 Oktober 2009 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, batik sekarang semakin digemari oleh beragam kalangan. Batik sekarang tak hanya dipakai oleh kalangan tua saja, kawula muda juga tampaknya sudah banyak yang mulai tertarik dan tidak malu-malu lagi memakai pakaian batik.

Beragamnya motif batik yang ada sekarang ini turut menjadi salah satu faktor yang membuat kawula muda tertarik dan tidak malu-malu lagi memakai pakaian batik. Terlebih model pakaian batik yang ada saat ini juga cukup beragam. Untuk mendapatkan pakaian batik dan aneka barang lainnya yang bercorak batik dengan beragam model dan harga yang masih cukup terjangkau di Kota Pekalongan terdapat pasar grosir batik yang cukup terkenal yakni Pasar Grosir Setono.

pasar grosir setono bpasar grosir setono cpasar grosir setono dPasar Grosir Setono terletak di Jalan Raya Pantai Utara (Pantura) Kota Pekalongan tak jauh dari Terminal Bus Kota Pekalongan. Letaknya yang persis di tepi Jalan Raya Pantura membuat setiap pengendara yang melewati Kota Pekalongan dapat dengan mudah mampir di Pasar Grosir Setono. Awal didirikannya Pasar Grosir Setono adalah untuk menampung pengusaha kecil dan menengah untuk memasarkan produksi batik di Kota Pekalongan karena sebelumnya produksi batik yang berada di Kota Pekalongan justru banyak dijual di luar kota. Pasar Grosir Setono menempati bangunan yang dulunya adalah bekas pabrik tekstil yang sudah lama tidak beroperasi.

Ratusan pedagang batik yang terdapat di Pasar Grosir Setono menempati kios-kios, counter dan los yang ada di dalam pasar. Pedagang Pasar Grosir Setono tak hanya menjual pakaian batik namun juga aneka barang-barang kebutuhan lainnya yang bercorak batik seperti sprei, sarung bantal, peci, sandal, tas, dompet dan pernak-pernik lainnya. Banyaknya pedagang yang ada di Pasar Grosir Setono membuat pembeli memiliki banyak pilihan produksi batik.

Fasilitas yang terdapat di Pasar Grosir Setono juga terbilang memadai seperti tersedianya lahan parkir yang cukup luas yang bisa menampung kendaraan roda dua, kendaraan roda empat bahkan bus, mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri), toilet, musholla dan kios-kios yang menawarkan aneka makanan dan minuman. Kios, counter dan los yang menawarkan produksi batik juga tertata cukup apik sehingga memberi rasa nyaman kepada pembeli saat berada di Pasar Grosir Setono.

Pasar Grosir Setono biasanya ramai pada saat terjadi arus mudik maupun balik semasa lebaran setiap tahunnya. Pemudik dari luar kota biasanya menyempatkan diri mampir untuk membeli batik khas Pekalongan. Namun demikian di hari-hari biasa juga tak sedikit pembeli di Pasar Grosir Setono yang berasal dari luar kota terlebih lagi pada akhir pekan. Melihat deretan sepeda motor dan mobil yang parkir di pelataran Pasar Grosir Setono beberapa waktu yang lalu setidaknya ada pembeli yang berasal dari daerah Madura, Banyumas, Cirebon, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Bandung, Bogor dan Jakarta. *

About these ads

~ by isdiyanto on 10 November 2009.

22 Responses to “Belanja Batik di Pasar Grosir Setono”

  1. wah lagi gak punya duit neh he he gak bisa belanja deh

  2. lo disimpang limanya dimana??

  3. Saya merasa kecewa telah membeli batik di toko Batik Putri Dahliya. waktu itu saya beli blus kelelawar dg merk Batik Ersya. ternyata harganya lebih murah dibandingkan dijogja.tetapi kalau ditoko lainnya memang murah dibandingkan dijogja. saya merasa tertipu oleh batik Putri Dahliya.

  4. Pasar Batik Sentono…udh jd icon bwt Pekalongan yg emang Kota Batik julukannya…

  5. Maulah batik peklaongan atu aja…belikan dong sama penulisnya..hheheh

  6. Dear
    Salam Kenal, mas minta tolong dimintakan no tlp bbrpa toko grosir disetono pekalongan yang paling besar, paling komplit barangnya dan paling murah, saya ada rencana order jumlah banyak untuk supply di toko batik saya dikab. Lahat Sumatra selatan, klo sudah dapat silahkan email sealamat email saya, saya tunggu, terimakasih


    isdiyanto:
    Sudah saya balas lewat email mas doni, mohon maaf belum bisa bantu. *

  7. @kak doni yulistian.
    Nah ketemu jg jeme lahat dsini.
    Kak,aku jugo jeme lahat kak di talang srinanti rumah aku.
    Langsung ke pekalongan bae kak,aku rencanonyo sabtu ni ke pekalongan dari jakarta.

  8. tolong di info toko grosir disetono pekalongan yang cukup besar dan lengkap. Saya selama ini beli di cirebon untuk dikirim ke medan.

    Di cirebon saya sering melihat model yang bagus dengan label “sofie collection” dan “alvin collection.” apakah ada yang tau tokonya ada dimana yah?

    thanks

  9. tanya dunxxxx…..yang bikin batiknya di mana ya????aye mau beli langsung bisa gak ya????

  10. aq pernah bli batik pekalongan tp diatas kereta api lmyan jg kualitasnya n hrgnya bkin kget krn murah bget (dibanding beli di batam sih :) …. )
    kpn2 klau plg ke jawa lgi mpir ah ke sentono

  11. aku sangat puas belanja di grosir setono …… batiknya bagus bagus
    kapan kapan mau mampir lagi kalau pas di jawa tengan …

  12. mau minta no hp dari toko ROSTY WIJAYA yg aktif, saya konsumen lama yg ingin belanja lewat transfer

  13. atau saya mau minta website dari toko ROSTY WIJAYA. saya konsumen dari Garut

  14. You’re actually a excellent webmaster. The web site loading velocity is incredible. It sort of feels that you’re doing any unique trick. Moreover, The contents are masterwork. you’ve done a magnificent process in this subject!

  15. kayaknya pusat batik yang bagus nih. kapan2 mungkin bisa main2 kesana. salam kenal

  16. kami PUSAKA PURA art adalah pengrajin batik tulis lasem.kami melayani pembelian eceran dan grosir,silahkan dilihat hasil kerajinan kami di album Fb pusaka pura art.maksih

  17. Melayani pemesanan batik satuan maupun batik grosir.. Harga langsung dari produsen(tangan pertama) jadi lebih murah. Kunjungi toko online kami http://www.joshibabatik.com
    Ada diskon spesial seumurhidup @syarat dan ketentuan berlaku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: