Semarang in The Picture

Kota Semarang merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah yang terletak di Jalur Pantai Utara (Pantura) Pulau Jawa. Kota Semarang yang memiliki slogan Semarang Kota ATLAS (Aman, Tertib, Lancar, Asri dan Sehat) secara geografis terbagi menjadi dua yaitu Semarang Atas dan Semarang Bawah. Berikut 21 foto pilihan yang mungkin bisa menggambarkan sedikit mengenai kondisi Kota Semarang dan sebagai kado kecil bagi kota tempat tinggalku saat ini yang pada hari ini (2/5) tepat berusia 463 tahun.

Kantor Gubernur Jawa Tengah terletak di Jalan Pahlawan No.9 Kota Semarang. Saat ini Provinsi Jawa Tengah dipimpin oleh H. Bibit Waluyo sebagai gubernur dan Dra. Hj. Rustriningsih, M.Si. sebagai wakil gubernur yang dalam menjalankan roda pemerintahan Provinsi Jawa Tengah dibantu oleh Drs. Hadi Prabowo, MM sebagai sekretaris daerah (Sekda). Duet kepemimpinan H. Bibit Waluyo dan Dra. Hj. Rustriningsih, M.Si memiliki visi terwujudnya masyarakat Jawa Tengah yang semakin sejahtera.

Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah terletak di Jalan Pahlawan No.7 Kota Semarang. Bentuk bangunan yang menyerupai berlian membuat kantor DPRD Provinsi Jawa Tengah juga sering disebut dengan Gedung Berlian. DRPD Provinsi Jawa Tengah periode 2009-2014 saat ini diketuai oleh H. Murdoko, SH dengan wakil H. Bambang Priyoko, S.IP, H. Bambang Sadono, SH, MH, Drs. Abdul Fikri Faqih, MM dan M. Riza Kurniawan.

Bandar Udara (Bandara) Ahmad Yani yang terletak di sisi utara bundaran Kalibanteng Kota Semarang merupakan pintu masuk menuju Kota Semarang dengan menggunakan moda transportasi pesawat udara. Bandar Udara Ahmad Yani dikelola oleh PT. Angkasa Pura I sejak 1 Oktober 1995. Pada mulanya Bandar Udara Ahmad Yani merupakan Pangkalan Udara Angkatan Darat.

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) merupakan masjid kebanggaan masyarakat Provinsi Jawa Tengah yang terletak di Jalan Gajah Raya Kota Semarang. MAJT yang diresmikan secara langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada 14 November 2006 ini memiliki 6 payung elektrik raksasa yang dapat meneduhi halaman MAJT secara otomatis. Selain itu di MAJT juga terdapat menara Al Husna dengan ketinggian mencapai 99 meter. Dari atas menara Al Husna dapat dinikmati pemandangan Kota Semarang.

Patung Pangeran Diponegoro yang terletak di Jalan Imam Bardjo, SH Kota Semarang merupakan tetenger menuju kampus Universitas Diponegoro (Undip) Semarang di kawasan Pleburan. Undip termasuk salah satu universitas negeri terkemuka di Indonesia. Saat ini terdapat 11 fakultas di Undip yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Peternakan, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan serta Fakultas Psikologi.

Kantor Walikota Semarang terletak di Jalan Pemuda No.148 Kota Semarang. Dari tempat inilah Walikota Semarang H. Sukawi Sutarip, SH, SE dan Wakil Walikota Semarang H. Mahfudz Ali, SH, MSi -yang akan habis masa jabatannya pada tahun 2010 ini- menjalankan roda pemerintahan Kota semarang yang dibantu oleh Drs. Akhmat Zaenuri, MM yang merupakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang sebagai Pelaksana Tugas (Plt) sekretaris daerah (Sekda).

Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang yang merupakan kantor para wakil rakyat Kota Semarang untuk menyuarakan aspirasi masyarakat Kota Semarang terletak di Jalan Pemuda No.146 Kota Semarang. DPRD Kota Semarang periode 2009-2014 saat ini diketuai oleh Ir. Rudi Nurrahmat, MT, MM dengan wakil ketua H. Junaidi, SH, Ahmadi, Amd dan H. Sriyono, S.Sos.

Kawasan Simpang Lima Semarang sebagai salah satu ikon Kota Semarang merupakan titik pertemuan dari Jalan Pandanaran, Jalan Pahlawan, Jalan Ahmad Yani, Jalan KH Ahmad Dahlan dan Jalan Gajah Mada. Di Kawasan Simpang Lima Semarang terdapat Hotel Ciputra, Mall Ciputra dan Robinson (di sisi utara), Hotel Horison dan Matahari Plasa Simpang Lima (di sisi timur), E-Plaza dan Masjid Baiturrahman (di sisi barat). Kawasan Simpang Lima Semarang selalu ramai setiap Malam Minggu dan Minggu Pagi.

Tugu Muda Kota Semarang terletak di jantung Kota Semarang tepatnya di persimpangan antara Jalan Pandanaran, Jalan Dr. Sutomo, Jalan Soegiyopranoto, Jalan Imam Bonjol dan Jalan Pemuda. Tugu Muda dibangun untuk mengenang semangat perjuangan masyarakat saat terjadi pertempuran lima hari melawan tentara Jepang dari tanggal 14-18 Oktober 1945 di Kota Semarang. Sejak akhir April 2009 yang lalu, untuk turut menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Semarang yang ke-462 pada 2 Mei 2009 yang lalu Kawasan Tugu Muda dilengkapi dengan air mancur yang cukup cantik.

Lawang Sewu yang terletak di Kawasan Tugu Muda Semarang merupakan bekas kantor PT Kereta Api Indonesia (KAI). Bangunan yang cukup megah ini lebih dikenal dengan Lawang Sewu karena memiliki pintu yang banyak sekali, Lawang dalam bahasa jawa berarti pintu dan Sewu dalam bahasa jawa berarti seribu. Meskipun demikian pada kenyataannya jumlah pintu yang ada dalam Lawang Sewu tidak mencapai seribu. Lawang Sewu yang memiliki ruang di bawah tanah, termasuk bangunan kuno atau bersejarah di Kota Semarang yang patut dilindungi.

Tugu Adipura Kota Semarang yang terletak di ujung Jalan Soegiyopranoto dan Jalan Indra Prasta tak jauh dari jembatan Banjir Kanal Barat Kota Semarang ini menjadi penanda bahwa Kota Semarang pernah mendapatkan penghargaan Adipura. Adipura merupakan penghargaan yang diberikan kepada kabupaten/ kota dalam bidang kebersihan lingkungan.

Kawasan Oleh-oleh Khas Semarang berada di sepanjang Jalan Pandanaran Kota Semarang. Di sepanjang jalan tersebut dapat dijumpai toko dan kios yang menjual aneka makanan khas Semarang, mulai dari Bandeng presto, wingko babat, lumpia, tahu gimbal dan aneka makanan khas lainnya yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh bagi masyarakat luar kota yang berkunjung ke Kota Semarang. Kawasan Oleh-oleh Khas Semarang biasanya ramai pada saat akhir pekan dan pada saat hari libur nasional, dan terlebih pada saat libur Hari Raya Idul Fitri.

Bus Rapid Transit (BRT) merupakan salah satu moda transportasi yang ada di Kota Semarang. BRT Koridor I dengan rute Mangkang-Penggaron pertama kali diujicobakan pada saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Semarang yang ke-462 pada 2 Mei 2009 yang lalu. Dan setelah beberapa kali sempat tertunda beroperasi, BRT mulai melayani masyarakat Kota Semarang sejak 18 September 2009 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1430 H.

Kawasan Gombel yang terletak di Jalan Setiabudi Kota Semarang merupakan salah satu tempat favorit bagi pasangan muda-mudi yang ingin menghabiskan waktu bercengkerama bersama pada saat malam hari. Selain itu Kawasan Gombel juga merupakan salah satu tempat favorit bagi masyarakat Kota Semarang untuk menghabiskan waktu melewatkan malam pergantian tahun baru. Karena pada saat malam hari dari tempat ini dapat dilihat pemandangan kawasan Semarang bawah dengan kerlap-kerlip yang cukup menarik.

Graha Pena Semarang merupakan kantor redaksi Harian Pagi Radar Semarang dan Harian Meteor yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan No.77 Kota Semarang. Harian Pagi Radar Semarang yang terbit sejak 1 April 2000 merupakan grup Jawa Pos. Sejak awal tahun 2010 Harian Pagi Radar Semarang mulai menghadirkan halaman Radar Kedu untuk memanjakan masyarakat di eks Karesidenan Kedu. Sementara Harian Meteor yang merupakan harian kriminalitas Jawa Tengah dan DI Yogyakarta juga termasuk grup Jawa Pos.

Kantor Redaksi Harian Pagi Suara Merdeka terletak di Jalan Kaligawe KM.5 Kota Semarang. Harian Pagi Suara Merdeka merupakan harian pagi kebanggaan masyarakat Provinsi Jawa Tengah dan sekitarnya yang terbit sejak 11 Febrari 1950. Harian Pagi Suara Merdeka yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat Provinsi Jawa Tengah mengusung motto Perekat Komunitas Jawa Tengah.

Obyek Wisat Pantai Marina yang terletak di bagian utara Kota Semarang merupakan salah satu obyek wisata pantai di Kota Semarang yang dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif tujuan untuk menghabiskan waktu saat akhir pekan bersama dengan keluarga, kerabat maupun teman dekat. Pengunjung obyek wisata Pantai Marina biasanya didominasi oleh pasangan muda-mudi yang ingin menghabiskan waktu bercengkerama bersama. Pohon-pohon rindang yang berada di samping kanan dan kiri jalan menuju pantai memberikan suasana yang cukup nyaman dan sejuk.

Obyek Wisat Pantai Maron yang terletak tak jauh dari Bandar Udara (Bandara) Ahmad Yani Kota Semarang merupakan obyek wisata pantai yang juga layak dikunjungi untuk sekedar me-refresh pikiran dari rutinitas setiap hari. Pada saat akhir pekan sepanjang bibir Pantai Maron biasanya dipenuhi pengunjung yang bermain-main air dan pasir yang cukup bersih. Pengunjung di obyek wisata Pantai Maron dapat berenang di tepian pantai dengan menggunakan pelampung yang disewakan dengan harga yang cukup terjangkau.

Pasar Johar yang terletak di Jalan H. Agus Salim Kota Semarang merupakan pasar tradisional terbesar yang ada di Kota Semarang. Pasar Johar yang dirancang oleh Herman Thomas Karsten memiliki atap seperti cendawan yang berfungsi sebagai ventilasi udara yang dapat menghemat energi dan mencegah hawa panas matahari karena memudahkan hembusan angin.

Terminal Mangkang yang terletak di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo di kawasan barat Kota Semarang merupakan terminal bus dengan bangunan yang cukup megah. Terminal Mangkang yang diresmikan langsung oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia Ir. Jusman Syafii Djamal dibangun untuk mengurangi kepadatan lalu lintas bus-bus antarkota dari arah barat ke timur dan dari arah selatan ke barat.

Stasiun Besar Kereta Api Semarang Tawang yang terletak di Kawasan Kota Lama Kota Semarang merupakan salah satu stasiun kereta api yang ada di Kota Semarang. Stasiun Besar Kereta Api Semarang Tawang melayani kereta api eksekutif dan bisnis. *

About these ads

~ by isdiyanto on 2 May 2010.

42 Responses to “Semarang in The Picture”

  1. Saya baru tahu gedung gubernur dan DPRD Jateng bagus ya. :D
    Saya suka banget bentuknya, terlihat artistik. :)

  2. Oalah, Mas…. jadi pengen mulih aku… Kangen…sama kota kelahiranku ini…. :cry:

  3. Link-nya udah saya pasang juga ya Mas. :)

  4. masih banyak ya bangunan tuanya, keren…aku suka bangunan tua :D terutama lawang sewu soalnya punya cerita sejarah menarik sebagai penjara

  5. wah kantorku kok enggaj terfoto

  6. sampai sekarang saya pengen ke masjid agungnya tapi belum kesampaian.

  7. dari dulu aku pnsaran sama kawasan simpang lima-nya, mas…
    pgn nongkrong disitu….hehehe

  8. Hahaha…saya suka foto2nya…tapi kayakna dah banyak update deh ttg semarang apalagi tentang pembangunannya. Dah banyak mall, tempat makan, tempat karaoke, termasuk tempat dugem.Xixixi…
    Cuma sangat disayangkan juga ya…
    dengan adanya mall dan tempat hiburan yang makin seabreg itu, semakin menguatkan pendapat kalo tata kota di Semarang itu kacau banget.
    Apakah pemerintah semarang tidak pernah belajar…dari kota-kota besar lain misalnya Jakarta.
    Harusnya pemerintah lebih membenahi lagi mana yang wilayah khusus untuk hiburan, pendidikan dan pemerintahan. Bukannya semakin campur aduk di satu tempat kayak gini..
    Kok ketoke koyo gado2..
    Konsep toserba kayaknya semakin terlihat di semarang. Terutama di Jalan Pemuda dan di Simpang lima.
    Kayaknya anak sekolahan dan mahasiswa (dan pegawai negeri tentunya) semakin diajarin untuk nge-mall, nonton, n ngedugem setelah selesai kerja atau belajar.
    Agaknya pasti ada yang curi2 jam kerja ato cabut kuliah, sekolah buat sekedar makan ato malah nge-mall.
    Agaknya pemerintah harus mengkaji lagi masalah tata kotanya disamping tetap mengembangkan semarang tercinta menjadi megapolitan…
    Lagian, apa emang pemerintah pengen semarang ini makin terkenal dengan PANASnya n BANJIRnya karena semua lahan kosong dicaplok jadi daerah kapitalis..
    Semarang yang terkenal ramah,,tenang,,asri,,adem,,bisa dapetin suasana tempoe doeloe,,,sekarang udah disulap jadi panggung hiburan..

    Akankah Semarang akan berubah?? Who knows…kita tunggu saja tanggal mainnya ;)

  9. nice pics ..
    i like it so much
    Tapi kapan lagi ya bisa berkunjung ke sana tuk menikmati Pesona Semarang
    e,mmm Moga aja secepatnya dehh :)

  10. hehe
    dari atas mpe bawah
    pernah q singgahi smua
    aslei bikinan semarang juga nuy
    salam kenal :D

  11. wah artikelnya tntng SMG lengkap mas..keren2 :mrgreen:

  12. nice sudah berbagi …
    saya juga orang semarang …

  13. katanya mau ajak saya jalan2 ke semarang, lupa yah?

  14. hmmmmm….
    asli wong mangkang aku, sekarang kerja di pekanbaru…

    thanks for the share, kangen semarangku

    semoga bisa cepet pulang

    semoga semarang makin maju

  15. maaf baru bisa mereplay request sahabat untuk exchange link.
    link sahabat sudah saya pasang dengan rapi di blog freesmsc silahkan dilihat
    pasang juga link saya di blog sahabat dengan nama :

    tips n trick blog facebook

    thanks

  16. artikelnya lengkap pull..keren :)

  17. kantornya bolehlah..bagus.desainernya keren.rakyatnya gmana????

  18. bagus ya, desaignnya…bolehlah untuk sumatera juga bangunannya..hehehe

  19. wuichhhh,,,,ternayata semarang kalo di foto keren cuiy,,,,,,heheeeee

    salam darie wong kendal bang
    http://wongkendal.wordpress.com

  20. aku suka bnget ma masjid agung jawa tengah….luar bisaa, arsitekturnya.apalagi payung elektriknya, sat mengembng, bagus banget.meski hanya liat di tv doank..hik..hik..hik

  21. keren banget pemandangannya…loved it

  22. jadi pingin menunjungi semarang lagi
    kepingin lagi ke puncak menara Masjid Agung

  23. kangen kampung halaman ni, minggu depan langsung gas mudik…..Semarang ku Datang, Lepaskan Rinduku seeorang…..!!!

  24. kangen karo kota semarang,kapan lagi q bisa mampir kesana,,,kangen ma kalibanteng,hehe3

  25. hmmmmmm………walaupun ragaku di balikpapan…….tapi jiwaku masih semarang yg biruuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

  26. Hallow…. SMG!!! sekarang kota kelahiran gue INI makin indah dan rapi, ada Bus TranS Semarang JUGA. Chayoooo deh… untuk SMG :p

  27. Semarang…aku kangen banget,,,waktu hamil nyidam tahu gimbal…soto bu wid (deket undip pleburan), tempe penyet didaerah pleburan…andaikan semuanya bisa dikirim lewat sms…aku akan sms temen2ku yang anak asli semarang , walaupun cuman 3 tahun utk sekolah diundip dan ngekost di belakang gedung BI (btw mase kok ga nampilkan BI nya…) dijalan kusumawardhani…itulah pertama kalinya mengalami banjir….tapi seneng deh…karena baru pertama ngalamin ya disini ni….Semarang…kangen,….kawan2 ku …. alumnus D3 Pajak Genap Undip 2001…miss u…tapi sayang belum sempat datang ke Masjid Agung Jawa Tengah..karena aku sudah lulus…sekarang posisiku dibatam …. salam kenal utk yg punya blog…bagus banget…

  28. kangen,,,

  29. wuih…………….Semarang. Kalau ingat Semarang rindu ini tak bisa di tahan lho. Sekian tahun merantau, sekian tahun juga merindu. Ha…..
    emang betul kali ya ? “HUJAN EMAS DI NEGERI ORANG MASIH LEBIH NIKMAT HUJAN BATU DI NEGERI SENDIRI”

  30. loh , gerja blenduknya ko gada ? sama pabrik rokok praho layar itu maskot msg dulu kan ?

  31. SEMARANG ooh SEMARANG

  32. aku kangen ama semarang,kalo ada teman lama ku wkt kerja di AB.TRENDI depan ps yaik, tlg di komfirmasi.

  33. Kulo njih lare semarang,sae sanget semarang niku.monggo sami2 teng semarang..

  34. aq kangen sama temen” aq di Tanah mas semarang,
    di STUDI 1 .

  35. semarang memang termasuk slah satu kota yg sgt menarik…..apalagi di kawasan simpang 5…wah kayaknya syik bgt ni klu nongkrong sambil ngopi di situ….

  36. Ih jdi tambah kangen sama ibu…, tunggu y bu kalau sikon memungkinkan aku akan k semarang…

  37. Mohon informasinya ttg angkutan kota serta rute yg di lalui??trims

  38. Simpang Lima yg sekarang lebih menarik . massssssih bnyk lg yg mnrik dr SMG klo mau utak-atik lg . :)

  39. semakin sukses dan maju aja buat SMG kami . .. :)

  40. smg city, I miss u

  41. numpang tanya mas,jarak dari bandara ke kantor pemkot semarang berapa lama klo ditmpuh dg bus, hotel yg bagus di sekitaran kantor pemkot apa ya,tempat oleh2 nya dmna.jauh ngga.trm ksh

  42. Whooaaaaaa,, I miss this place :(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: