Digitalisasi TV Dimulai Tahun 2009

Pemerintah akan segera menerapkan TV digital mulai 2009, dengan memulainya di TVRI sebagai ujicoba selama 2008. TV Digital dinilai lebih efisien daripada TV analog yang dipakai sekarang.

“Kalau kita sudah menerapkan digitalisasi TV, maka kita akan dapat memakai satu kanal untuk 4-5 program,” kata Menkominfo Prof Ir Mohammad Nuh DEA di Surabaya, Sabtu (16/2). Usai berbicara dalam seminar “Komunikasi Interpersonal” yang digelar BEM ITS Surabaya, ia mengatakan TV analog yang saat ini berarti satu kanal untuk satu program.

Mantan Rektor ITS Surabaya itu mengatakan digitalisasi TV akan memungkinkan 4-5 TV dalam satu grup dapat menggunakan satu kanal yang sama, bahkan ada sisa. Untuk kanal yang kosong akan dapat ditanam bagi kepentingan lebih luas, baik program TV yang bisnis maupun TV yang gratis, seperti acara pendidikan.

Bahkan, katanya, pihaknya sudah berencana akan memakai satu kanal untuk program EWS (Early Warning System) untuk antisipasi bencana. “Dengan TV yang menyiarkan EWS, maka setiap ada bencana alam akan ‘ditayangkan’ kepada masyarakat melalui semua jaringan TV secara otomatis,” katanya.

Menurut dia, digitalisasi TV itu sudah disampaikan dalam “World Conference of GMS” di Barcelona, Spanyol (Eropa) pada 11-14 Februari lalu. “Dari sana, saya sepakat untuk menerapkan digitalisasi TV yang berkiblat ke Eropa, bukan Jepang, tapi saya lakukan ujicoba dulu pada TVRI,” katanya.

Ia menambahkan digitalisasi TV akan banyak beragam, karena cost menjadi lebih murah, keragaman kepemilikan, masyarakat menikmati keragaman content, dan ada pilihan. “Jadi, kalau kita punya 12 TV nasional dan sudah penuh, maka kalau ada digitalisasi TV dengan satu kanal untuk empat TV maka 12 TV nasional akan dapat menjadi 48 TV,” katanya.

(dikutip dari www.kompas.com)

~ by isdiyanto on 20 February 2008.

2 Responses to “Digitalisasi TV Dimulai Tahun 2009”

  1. Wah menarik juga, Astro sama Indovision jadi ada saingan.

  2. ow…. konsep realnya seperti apa ya.
    kok saya belum donk ya mas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: