Lima Bacagub Siap Bersaing

Meski pedaftaran calon gubernur dan calon wakil gubernur Provinsi Jawa Tengah (Jateng) baru resmi dibuka KPUD Jateng pada 26 Maret-1 April 2008, namun tampaknya sejumlah Parpol di Jateng telah bersiap diri untuk menghadapi Pilkada langsung yang untuk pertama kalinya digelar ini. Setidaknya sampai saat ini telah beredar 5 nama pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur (Bacagub) yang siap bersaing merebut suara masyarakat Jateng.

Partai Golkar telah lama menetapkan Bambang Sadono dan Muhammad Adnan sebagai Bacagub yang akan diusungnya. Bambang yang notabene adalah Ketua DPD Partai Golkar Jateng, Anggota DPR-RI dan juga (baru saja terpilih) sebagai Ketua Dewan Kesenian Jateng berpasangan dengan Adnan yang merupakan Ketua PW NU Jateng dan juga dosen FISIP Undip Semarang.

PAN dan PPP harus melakukan koalisi untuk dapat mengusung pasangan Bacagub-nya. Pasangan Muhammad Tamzil dan Abdul Rozaq Rais telah resmi ditetapkan oleh koalisi ini. Tamzil yang saat ini masih menjabat sebagai Bupati Kudus berpasangan dengan Rozaq Rais yang merupakan Ketua DPW PAN Jateng.

PKS dan Partai Demokrat juga harus berkoalisi untuk bisa bersaing dalam Pilgub Jateng. Duet Sukawi Sutarip dan Sudharto siap diusung oleh koalisi PKS dan Partai Demokrat. Sukawi yang saat ini masih menjabat sebagai Walikota Semarang juga sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jateng, sementara Sudharto selain masih menjabat sebagai Anggota DPD-RI asal Jateng juga sebagai Ketua PGRI Jateng.

PKB juga telah mempersiapkan Bacagub-nya yakni Agus Soeyitno dan Kholiq Arief. Agus merupakan mantan Pangdam IV/Diponegoro sementara Kholiq saat ini masih menjabat sebagai Bupati Wonosobo.

PDI Perjuangan siap mengusung pasangan Bacagub Bibit Waluyo dan Rustriningsih. Bibit adalah Mantan Pangkostrad dan juga Mantan Pangdam IV/Diponegoro. Sementara Rustriningsih saat ini masih menjabat sebagai Bupati Kebumen.

Semarak dan semangat Parpol untuk mengusung Bacagub dalam Pilgub Jateng yang dijadwalkan akan digelar pada 22 Juni 2008 mendatang, semoga berbanding lurus dengan semarak dan semangat masyarakat Jateng untuk menggunakan hak pilihnya. *

~ by isdiyanto on 22 February 2008.

One Response to “Lima Bacagub Siap Bersaing”

  1. ehm… iya nih, jadi pengen tau pilgub jateng sekarang udah nyampe mana… salam kenal juga mas…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: