Blogger Bisa Punya Royalti

Kalangan pecinta blog pribadi atau biasa disebut blogger kini tidak perlu khawatir jika karya mereka diklaim dan dikomersilkan. Hasil karya yang dimuat dalam blog pribadi kini juga bisa menghasilkan uang dengan royalti yang dimiliki.

Perkembangan informasi teknologi di dunia maya saat ini memang kian memberi peluang setiap orang untuk melakukan pelanggaran di bidang Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Berbagai portal dan blog yang menawarkan hasil karya–seperti tulisan, puisi, foto, ataupun gambar–semakin menjamur tanpa perlu membayar royalti kepada penciptanya.

Blogger mungkin hanya salah satu bagian dari user generated content (UGC) yang dilanggar hak ciptanya (HC), masih banyak pihak yang karya ciptanya dibajak dan dikomersilkan. Karena itu, Direktorat Jenderal HKI Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (Depkumham) berusaha untuk melindungi karya cipta yang dihasilkan UGC atau Consumer Generated Media (CGM).

“Isu hak cipta yang berhubungan dengan internet ini harus mendapat perlindugan sehingga dibutuhkan regulasi lebih lanjut,” papar Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Andi Mattalatta saat membuka World Intellectual Property Organization (WIPO) Asia Pacific Regional Symposium on Copyright and Related Rights in the Digital Network Environment di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta (20/02).

Simposium yang digelar pada 21-22 Februari 2008 ini akan membahas kebijakan dan pertimbangan strategis untuk melindungi hak cipta yang berhubungan dengan digital network melalui tukar menukar pengalaman dan pengetahuan antaranggota WIPO.

Simposium ini diharapkan mampu menyerap perhatian publik akan pentingnya menghargai hasil karya bangsa. ”Melalui media yang hadir dalam acara ini, kami (Ditjen HKI) mensosialisasikan user generated content untuk merangsang public awareness,” ungkap Direktur Jenderal HKI Andy Noorsaman Sommeng seusai pembukaan symposium.

Noorsaman menambahkan, pelanggaran HC di dunia maya ini tentu tidak hanya merugikan si pencipta secara individul tapi juga negara. Pelanggaran ini kebanyakan menyangkut ring back tone, tulisan, gambar ataupun video yang dapat diunduh (down-load) tanpa membayar royalti apa pun. “Pembajakan untuk dunia hiburan seperti musik dan film saja mencapai lebih dari satu triliun,” ujar Noorsaman.

Penyusunan regulasi untuk menanggulangi pembajakan pun selaiknya diiringi dengan capacity building bagi petugas penegak hokum, seperti polisi, hakim, dan jaksa yang bertugas melakukan investigasi. “Untuk membantu tugas penegak hukum, Timnas Penanggulangan Penegakkan HKI sudah terbentuk,” jelas Norrsaman saat ditanya seputar penindakan pelanggaran HKI.

(dikutip dari www.hukumham.info)

~ by isdiyanto on 23 February 2008.

4 Responses to “Blogger Bisa Punya Royalti”

  1. iya…nih absenttt…bisnya yg desain dikit.ak kan kurang paham politik ko…btw pertamaaaaaxxxx.,wuuhehehe,setiap posting kayanya bisa nih😀

  2. dan hasilnya adalah????😉

  3. wah haeus belajar menulis lagi niihhh…

  4. trus dri bloger biar dpt royalty cranya gimana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: