Hari Ini, Batas Akhir Parpol Melengkapi Administrasi

Hari ini (hingga pukul 24.00 WIB nanti) merupakan batas akhir penyerahan kelengkapan Parpol untuk menjadi badan hukum yang ditetapkan oleh Departemen Hukum dan HAM (Depkumham). Setiap Parpol yang telah mendaftarkan diri ke Depkumham harus memenuhi persyaratan-persyaratan pendirian Parpol yang telah diatur dalam UU No.2 Tahun 2008 tentang Partai Politik untuk dapat ditetapkan menjadi badan hukum.

Dalam UU No.2 Tahun 2008 Pasal 3 ayat (2) disebutkan bahwa untuk dapat menjadi badan hukum, setiap Parpol harus memenuhi beberapa persyaratan yakni: memiliki akta notaris pendirian Partai Politik; memiliki nama, lambang, atau tanda gambar yang tidak mempunyai persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya dengan nama, lambang, atau tanda gambar yang telah dipakai secara sah oleh Partai Politik lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan; memiliki kantor tetap; memiliki kepengurusan paling sedikit 60% (enam puluh perseratus) dari jumlah provinsi, 50% (lima puluh perseratus) dari jumlah kabupaten/ kota pada setiap provinsi yang bersangkutan, dan 25% (dua puluh lima perseratus) dari jumlah kecamatan pada setiap kabupaten/ kota pada daerah yang bersangkutan; dan memiliki rekening atas nama Partai Politik.

Dalam pedaftaran Parpol untuk disahkan menjadi badan hukum tidak dikenakan biaya apapun, kecuali biaya pendapatan negara bukan pajak (PNBP) sebesar Rp 200.000 pada waktu Parpol disahkan menjadi badan hukum. Bila Parpol baru belum juga melengkapi persyaratan administrasi yang telah ditentukan (hingga Pukul 24.00 WIB nanti) maka secara otomatis tidak akan bisa menjadi kontestan pada Pemilu 2009 mendatang.

Proses verivikasi terhadap Parpol akan dilakukan oleh tiga tim yang dibentuk oleh Depkumham, yaitu Tim Pendaftaran, Tim Verifikasi dan Tim Penyamaan Persepsi (tim yang menilai ada tidaknya kesamaan nama, lambang dan tanda gambar sebuah parpol dengan parpol lainnya). Hasil verifikasi Parpol sendiri akan diumumkan oleh Depkumham pada akhir April 2008.

Sampai Selasa (26/02) kemarin, sudah terdapat 110 Parpol yang mendaftarkan diri ke Depkumham dan terdapat 16 Parpol yang telah menyerahkan kelengkapan persyaratannya. Serta terdapat 2 Parpol yang mengundurkan diri yakni Partai Persatuan Umat pimpinan K.Sutrisno dan Partai Kasih pimpinan William Hasundungan Sirait. (dari berbagai sumber)

~ by isdiyanto on 27 February 2008.

One Response to “Hari Ini, Batas Akhir Parpol Melengkapi Administrasi”

  1. Salam Perkenalan dari Partai Demokrasi Pembaruan DKI Jakarta (PDP- DKI JAKARTA). PDP ikut dalam verfikasi dengan nomor urut 9, Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: