Backup, Backup dan Backup-lah…

Menjengkelkan tentunya, manakala data-data penting yang disimpan di komputer tiba-tiba hilang. Bisa beragam penyebabnya, mulai dari virus yang ada di komputer hingga human error yang dilakukan secara tidak sadar atau tidak sengaja. Namun apapun penyebabnya, ketika data-data penting sudah hilang, tentunya akan menambah masalah, terlebih tidak ada backup dari data tersebut.

Maka sebelum hal-hal yang tidak diinginkan menimpa pada data-data penting kita, sering-seringlah melakukan backup data ke media lain. Backup data adalah penyimpanan data-data yang ada dari media yang satu (sebagai media utama) ke media yang lainnya (sebagai media cadangan). Simpelnya: COPY-PASTE data ke media lain.

Banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk mem-backup data. Diantaranya adalah disket, flashdisk, CD, DVD dan harddisk. Namun dari beberapa media tersebut, yang cukup aman dan dapat diandalkan sebagai media backup data adalah CD atau DVD, karena data yang disimpan dalam CD atau DVD tidak dapat di-delete lagi. Dengan catatan CD atau DVD yang digunakan adalah CD R atau DVD R bukan CD RW atau DVD RW. Apabila menggunakan disket, flashdisk, dan harddisk, masih ada kemungkinan file ter-delete (secara tidak sengaja).

Penggunaan media backup bergantung pada kebutuhan dan besar data yang akan di-backup, bisa harian, mingguan maupun bulanan. Dan juga tergantung dari penting atau tidaknya data yang ada. Semakin penting data, maka semakin rajinlah mem-backup data. Terkadang banyak yang menyepelekan hal yang satu ini, namun merasa sadar akan pentingnya backup data manakala data-data pentingnya telah hilang (apapun penyebabnya). *

~ by isdiyanto on 11 March 2008.

4 Responses to “Backup, Backup dan Backup-lah…”

  1. well sebaiknya c jgn cuma di-backup aja, tapi juga dikompress, terutama u/file2 yang berbentuk teks

  2. benar…saya pernah mengalami kehilangan data thesis yang sudah mentok sama dead line…wih,paniknyaaa.!! heheh… Aniway, Thx sudah mengingatkan lagi…salam

    izhayusmal

  3. Enaknya pake backup otomatis… atau hard disk yang scsi pake raid… gitu deh.

  4. saya harus backup tiap 1 minggu, itu syarat dari kantor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: