Tajuk Rencana sebagai Identitas Diri

Setiap media massa baik dalam bentuk cetak maupun elektronik, tentulah memiliki ideologi-ideologi atau nilai-nilai yang hendak diusung melalui medianya. Dalam media cetak baik surat kabar, tabloid maupun majalah, biasanya dapat terlihat dalam rubrik Tajuk Rencana yang ada. Tajuk Rencana merupakan salah satu rubrik yang selalu ada di setiap media. Biasanya hadir dengan nama yang berbeda-beda, seperti Jati Diri dalam Jawa Pos, Tajuk Rencana dalam Suara Merdeka, Jambi Ekspres, Kompas dan Editorial dalam Media Indonesia.

Tajuk Rencana berisikan opini yang dibuat oleh dewan redaksi mengenai suatu persoalan tertentu yang sedang menjadi sorotan dalam pemberitaan di tengah masyarakat. Opini yang dibangun biasanya mengenai sikap institusi media apakah mendukung atau menentang terhadap suatu persoalan yang sedang disorot. Tajuk Rencana disampaikan dengan argumentasi-argumentasi guna mendukung kebijakan redaksional yang hendak diusung. Tajuk Rencana umumnya digabung dalam halaman Opini dari pembaca, Surat Pembaca, dan Anekdot dari redaksi.

Dengan adanya Tajuk Rencana, sejatinya pembaca dapat mengetahui ideologi atau nilai yang senantiasa diusung oleh media yang bersangkutan. Karena apa yang tertuang dalam Tajuk Rencana dapat dikatakan juga sebagai cerminan apa sesungguhnya yang ada dibalik media. Identitas suatu media massa senantiasa tertuang dalam Tajuk Rencana. Dengan sifatnya yang demikian seringkali Tajuk Rencana dijadikan sebagai sarana penelitian untuk mengetahui kecenderungan sikap media massa terhadap suatu persoalan tertentu.

Bagi redaksi sendiri, biasanya benar-benar memanfaatkan Tajuk Rencana untuk menggiring opini yang berkembang di tengah masyarakat. Namun, di tengah euforia kebebasan untuk menyebarluaskan informasi yang disertai dengan semakin menjamurnya media massa, ternyata masih terdapat media yang belum ‘sadar’ akan peranannya. Terbukti masih ada media yang hanya sekedar mengejar keuntungan finansial belaka dan mengesampingkan fungsi-fungsi pers yang disandangnya. bahkan masih ada media yang tidak memiliki Tajuk Rencana. Lantas apa yang diusung oleh media tersebut? Semuanya berbalik pada pembacanya. *

~ by isdiyanto on 17 April 2008.

9 Responses to “Tajuk Rencana sebagai Identitas Diri”

  1. wah informasi yg menarik..

  2. tajuk rencana itu penting untuk melihat animo masyarakat dan opini masyarakat atas suatu masalah. bersyukurlah sebuah negara yang orang2nya masih mau mengirim dan membaca tajuk rencana. setidaknya masyarakat masih bisa berpikir.

  3. bisa menambah pengetahuan nih tentang dunia jurnalistik 🙂
    jujur sampai saat ini aku jarang memperhatikan tajuk rencana yang ada pada surat kabar yang aku baca, yang aku perhatikan malah opininya

  4. Saya setuju dengan mas Is. Media massa sudah seharusnya selain memberi informasi bagi pembacanya juga bertanggungjawab memberikan pembelajaran. Salam kenal.

  5. bener bgt tuch,, tajuk rencana bermanfaat bgt bwt para pembaca apalagi, dikemas dalam berita yang aktual..

  6. saya setuju…!!

  7. greet…
    bermanfaat untuk pelajaran

  8. PELAJARAN SMA, MEMBAHAS TAJUK……..

  9. If you are going for best contents like myself, simply go to see this site all aeaafkcbgbea

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: