Nongkrong di Warung Nasi Kucing

Nasi dengan porsi yang sangat sedikit dan lauk secukupnya yang disajikan dengan dibungkus di Semarang lebih akrab disebut dengan Nasi Kucing atau Sego Kucing. Sementara di Yogyakarta lebih dikenal dengan angkringan dan di Solo lebih dikenal dengan nasi hik, yang konon artinya hidangan istimewa kampung.

Keberadaan warung yang menyajikan Nasi Kucing di Semarang cukup banyak dan dengan mudah dapat ditemukan, sebut saja seperti di Bundaran Simpang Lima, Jl.Pahlawan, Jl.Hayam Wuruk, Jl.Sriwijaya, Jl.Pleburan, Jl.Kertanegara, Jl.Kusumawardani, Jl.Singosari dan masih banyak lagi di tempat lainnya, baik di kawasan Semarang Bawah maupun Semarang Atas. Namun yang cukup terkenal adalah Nasi Kucing Pak Gik yang terletak di Jl.Gajah Mada yang mulai buka tengah malam sekitar pukul 24.00 WIB hingga pagi hari.

Di setiap warung yang menjual Nasi Kucing biasanya menu yang disajikan hampir sama seperti nasi goreng, nasi kuning, nasi rendang, nasi ikan nasi telur, nasi tahu tempe, nasi teri, nasi ayam goreng, nasi ati, nasi tempe kering, nasi babat, nasi bandeng, nasi usus, nasi kepala ayam, nasi rames dan lainnya. Dan untuk menemani menyantap Nasi Kucing biasanya disediakan juga gorengan tempe, gorengan tahu, bakwan, sate usus, sate telur, sate sapi, kerang, tempura, pangsit, dan lain sebagainya. Minuman yang disediakan juga beragam, seperti teh panas, teh anget, kopi, susu, jeruk panas, jeruk anget, wedhang jahe dan sirup.

Meski menu yang ditawarkan sangat beragam namun harganya masih cukup murah dan terjangkau. Warung Nasi Kucing biasanya dijadikan sebagai tempat nongkrong untuk sedikit melepas rasa penat. Meski dengan porsi yang sangat kecil, namun Nasi Kucing bukan hanya menjadi konsumsi masyarakat kelas menengah ke bawah saja, terbukti sering juga orang-orang yang ber-mobil berlama-lama nongrong di warung Nasi Kucing.

Saat ini Nasi Kucing seakan telah menjadi salah satu ikon Kota Semarang selain Bundaran Simpang Lima. Orang terasa kurang lengkap kalau mampir ke Kota Semarang belum mutar-mutar di Bundaran Simpang Lima dan makan di warung Nasi Kucing yang banyak tersebar di sudut-sudut kota. *

~ by isdiyanto on 27 April 2008.

9 Responses to “Nongkrong di Warung Nasi Kucing”

  1. wah diriku juga suka makan nasi kucing kalo lagi ke solo
    sayang di bogor gak ada😦

  2. Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://kuliner.infogue.com/
    http://kuliner.infogue.com/nongkrong_di_warung_nasi_kucing

  3. Salam kenal…
    Wah jadi inget jaman mahasiswa dulu ya.. suka mampir ke pak Gik..
    Jadi kangen nih sm kota semarang..

  4. Wah, kalo aku masih bisa makan nasi kucing didaerah karawang setiap hari, krn ditempatku ada yang jual nasi kucing, tapi jualannya malam hari, dengan lampu teplok dan beralas tikar, hmmm apalagi kalo makan sambil minum susu jahe, ueenak nian

  5. Sego Kucing…..
    yang paling asyik dari “kucingan” adalah tempat “nongkrong”, ngobrol berkam-jam juga ga kerasa, palagi kalo lagi stress bisa jadi tempat buat curhat-curhatan ma temen-temen tuch. Asyik lagi kalo di Jogja, beberapa kucingan dah da fasilitas wi-fi lho…

  6. Gue waktu kuliah di jogja juga hampir setiap hari ke angkringan, makanya setelah kerja di jakarta gue dan teman2 punya obsesi untuk mendesokan jakarta dengan nasi kucing, makanya kami coba Buka di belakang kampus UI depok. Jl. Palakali dekat lapangan bola. Cobain deh tempatnya enak dan pasti Murah…..

  7. Di Semarang gak cuma di Simpang lima aja yg ada sego kucing.
    Di bundaran polder stasiun tawang buktinya, ada nasi kucing
    yang rasanya manteeep! lebih asik buat nongkrong.
    Bakule (penjualnya) ramah & baik. Wes, pokoke aku minded banget!

  8. BLOGNYA OK

  9. Kombinasi teh manis panas & pangsit goreng Pak Gik, top!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: