Istirahatkan Mata Sejenak

Seiring dengan perkembangan zaman yang cukup pesat, dewasa ini piranti komputer bukan lagi menjadi barang yang asing bagi masyarakat luas. Komputer telah akrab di tengah-tengah derasnya arus informasi. Terlebih bagi yang memiliki pekerjaan yang harus menggunakan komputer. Komputer telah menjadi menu santapan setiap harinya.

Masyarakat awam pun saat ini sudah akrab dengan komputer, bahkan terkadang tahan untuk berlama-lama duduk di depan komputer dengan beragam tujuan penggunaannya. Apalagi karena tuntutan pekerjaan yang harus berlama-lama memelototi layar monitor komputer. Seringkali menjadi lupa menjaga kesehatan mata. Padahal radiasi gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan oleh komputer bisa menyebabkan kelelahan pada mata.

Ketika sudah duduk berlama-lama di depan komputer seringkali mata menjadi lelah, pandangan mata menjadi kabur dan mata menjadi kering. Untuk menjaga agar mata tidak mengalami hal yang demikian hendaknya istirahatkan mata sejenak dengan menutup mata selama sekitar 5 menit setiap 3 jam berada di depan komputer. Segarkan pula mata dengan cara memandang ke ruangan lain sekitar 5-10 detik setiap setengah jam berada di depan komputer untuk mengendorkan dan mengistirahatkan mata.

Sering-sering mengedipkan mata juga akan membantu supaya mata tidak menjadi kering, karena pada saat berkedip mata akan memproduksi airmata yang akan membantu melembabkan mata. Untuk mengurangi radiasi yang ditimbulkan komputer, dapat pula menggunakan pelindung layar komputer (filter).

Langkah-langkah tersebut terasa sepele dan seringkali banyak yang tidak mengindahkannya. Namun sungguh jika semuanya itu bisa dilakukan dengan teratur, akan turut membantu menjaga kesehatan mata. Silakan dicoba… *

~ by isdiyanto on 7 May 2008.

6 Responses to “Istirahatkan Mata Sejenak”

  1. jangan terforsir….istirahat dululah…. :mrgreen:

  2. Leren dhisik mas ….. he he

    Salam kenal.

  3. sbelumnya slam kenal dl mungkin pertama kalinya mengunjungi web ini, memang benar yang anda katakan. selain itu juga saya sedikit menambahkan penyalahgunaan komputer pada zaman sekarang sering terjadi, sebut saja adanya media komputer mengarah pada pembicaraan kita pada internet,. bisa kita lihat situs yang membuat bobrok khususnya kalangan muda. tapi kalau melihat tulisan anda sebaiknya jangan dipaksa terus duduk didepan komputer bawa selingan aja. kapan-kapan kalau ada waktu silahkan mampir di web sederhana saya http://www.hamsin.wordpress.com makasih

  4. wah makasih y infonya..

  5. artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
    http://www.infogue.com/
    http://psikologi.infogue.com/istirahatkan_mata_sejenak

    anda bisa promosikan artikel anda di infoGue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

  6. tapi sayang gak boleh tidur di jam kerja hihihii…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: