Ketika di Persimpangan Jalan

Roda kehidupan manusia akan senantiasa terus berjalan, ada saatnya merasakan kesenangan tatkala sedang berada ‘di atas’, ada saatnya pula merasakan kesusahan tatkala sedang berada ‘di bawah’. Terus berputar, silih berganti menghampiri kehidupan umat manusia. Tak selamanya jalan hidup manusia lurus-lurus saja. Rintangan, tantangan, hambatan terkadang menghampiri diri yang sedang ingin berjalan lurus.

Semua manusia pasti menginginkan jalan hidupnya lurus-lurus saja dan berjalan tanpa rintangan, tapi rintangan, tantangan dan hambatan senantiasa datang tanpa diundang. Rintangan tersebut harus bisa dihadapi dengan pikiran yang tenang supaya bisa terselesaikan dengan baik.

Tatkala sedang berada di jalan yang lurus seringkali manusia lupa dan tidak berfikir untuk selalu mempersiapkan diri ketika harus meghadapi rintangan. Tatkala sedang berada di persimpangan jalan seringkali pula manusia tidak siap untuk mengambil jalan mana yang harus ditempuh. Apakah belok kanan, belok kiri, lurus, ataukah justru harus mundur ke belakang, karena sejatinya telah salah langkah dari awal. Semua langkah yang akan diambil tentu menghadirkan konsekuensi-konsekuensi tersendiri, yang harus diperhitungkan demi jalannya roda kehidupan di masa yang akan datang.

Rintangan dan tantangan hidup sejatinya merupakan hal yang membuat semakin matang kedewasaan diri untuk meratapi jalan hidup selanjutnya. Dengan rasa kedewasaan maka segala rintangan akan dapat terselesaikan dengan baik, segala persimpangan jalan akan dapat terlewati dengan baik. Dimanakah posisi anda sekarang? Bersyukurlah bagi yang sedang merasakan lurusnya jalan kehidupan dan tetap bersabarlah bagi yang sedang merasakan kebimbangan di persimpangan jalan. *

~ by isdiyanto on 20 May 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: