Utamakanlah Keselamatan

Seiring dengan perkembangan zaman, jumlah kendaraan yang ada saat ini terus mengalami peningkatan. Peningkatan jumlah kendaraan baik sepeda motor maupun mobil terhitung cukup pesat bila dibandingkan dengan perkembangan pembangunan jalan sebagai sarana berkendara. Tak sebandingnya perkembangan jumlah kendaraan dengan sarana jalan yang ada mengakibatkan semakin padatnya arus lalu lintas yang ada terutama di kota-kota besar.

Dengan kondisi yang demikian, sering mengakibatkan kecelakaan terjadi di jalan raya. Banyak faktor penyebabnya, mulai dari sikap pengendara yang memang kurang sadar akan keselamatan dalam berkendara hingga kondisi jalan yang memang sudah tidak sebanding dengan jumlah kendaraan yang ada.

Terlepas dari itu semua, sebenarnya segala kecelakaan yang terjadi di jalan bisa dihindari dengan senantiasa mematuhi segala rambu-rambu yang ada di jalan dan selalu mengutamakan keselamatan diri dalam berkendaraan. Memang, sebagian besar orang menggunakan kendaraannya untuk lebih meningkatkan mobilitas dirinya, namun keselamatan diri harus tetap menjadi prioritas utama selama berkendaraan.

Terkadang orang yang sudah berhati-hati saat berada di jalan pun masih bisa mengalami kecelakaan, apalagi orang yang selalu ugal-ugalan dalam mengendarai kendaraannya baik sepeda motor maupun mobil. Kesadaran diri untuk senantiasa berkendaraan dengan nyaman dan aman harus segera ditanamkan pada diri pengendara untuk mengurangi tingkat kecelakaan di jalan dan bisa sampai di tempat tujuan dengan selamat.

Dan yang tak kalah penting adalah untuk selalu menggunakan alat yang mampu mendukung untuk berkendaraan dengan nyaman dan aman, seperti menggunakan helm (bagi pengendara sepeda motor) dan menggunakan sabuk pengaman (bagi pengendara mobil). Rambu-rambu lalu lintas yang ada di sepanjang jalan dibuat untuk dipatuhi bagi semua pengguna jalan, namun tampaknya sudah terlalu banyak rambu-rambu lalu lintas hanya sebagai penghias jalan saja dan masih kurang diindahkan untuk dipatuhi. *

~ by isdiyanto on 5 July 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: