Ademnya Simpang Lima Saat Ini

Tiga Hari Jalan-jalan di Kota Lumpia (1-Bersambung)

Kota Semarang sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah, merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki magnet tersendiri untuk dikunjungi untuk sekedar menghilangkan penat sesaat. Menghilangkan penat dari rutinitas pekerjaan setiap harinya. Iklim yang senantiasa kondusif, menambah rasa ingin selalu berlama-lama untuk berada di Kota Semarang.

Cukup banyak tempat-tempat yang layak untuk disinggahi selama berada di Kota Semarang. Diantaranya Kawasan Bundaran Simpang Lima Semarang sebagai ikon dari Kota Semarang, Kawasan Oleh-oleh Khas Semarang yang berada di sepanjang Jalan Pandanaran, Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang terletak di pinggiran Kota Semarang, Pasar Johar yang merupakan salah satu pasar tradisional yang masih bertahan di Kota Semarang, dan lain sebagainya.

Serasa belum ke Kota Semarang rasanya, kalau belum singgah di Kawasan Bundaran Simpang Lima yang ada di tengah-tengah Kota Semarang. Bundaran yang merupakan titik pertemuan dari Jl. Pandanaran, Jl. Pahlawan, Jl. Ahmad Yani, Jl.KHA. Dahlan, dan Jl. Gajah Mada. Kawasan Bundaran Simpang Lima merupakan ruang terbuka bagi masyarakat luas dari berbagai kalangan. Bundaran Simpang Lima menjadi lebih ‘hidup’ ketika malam Minggu dan Minggu pagi. Pada malam Minggu dan Minggu pagi terdapat pedagang yang menjajakan berbagai macam aneka kebutuhan dengan harga yang cukup terjangkau.

Karena terlalu menariknya Kawasan Bundaran Simpang Lima sehingga kawasan ini pun menjadi sasaran empuk untuk dijadikan sebagai tempat untuk mempromosikan berbagai produk dan jasa sehingga kawasan ini menjadi ‘hutan reklame’ di tengah-tengah kota. Reklame dari berbagai macam produk dan dengan berbagai macam ukuran dan bentuk menghiasi di sekitar Bundaran Simpang Lima. Namun sedikit melegakan melihat Bundaran Simpang Lima saat ini, meskipun ‘hutan reklame’ masih tumbuh subur, namun hutan pepohonan yang ada di dalam Lapangan Simpang Lima juga tak kalah suburnya. Dengan ketinggian pohon yang mencapai sekitar 5 meter di sekeliling Lapangan Simpang Lima menjadikan suasana yang cukup adem saat berada di jantung Kota Semarang. Hijaunya pepohonan menambah rasa nyaman dan tenang di tengah hiruk pikuk padatnya arus lalu lintas.

Di sekitar Bundaran Simpang Lima terdapat beberapa tempat menarik yang sayang juga untuk dilewatkan. Di sisi barat Bundaran Simpang Lima terdapat Masjid Baiturrahman Simpang Lima Semarang sebagai tempat ibadah bagi umat muslim. Di sisi barat lainnya juga terdapat E-Plaza, salah satu bioskop yang ada di Kota Semarang. Dan yang paling dominan adalah adanya pasar swalayan seperti Ramayana (di sisi selatan), Matahari Plasa Simpang Lima (di sisi timur), Mall Ciputra dan Robinson (di sisi utara) yang menjadikan Kawasan Simpang Lima seakan tak pernah sepi. Juga terdapat Hotel Horison (di sisi timur) dan Hotel Ciputra (di sisi utara).

Satu hal yang cukup menarik dan unik adalah saat beranjak ke Matahari Plasa Simpang Lima, saat hendak memarkirkan kendaraan roda dua di tempat parkir mall tersebut. Tarif yang ditetapkan cukup unik dan mungkin tidak lazim di tempat-tempat lain, yakni Rp 1.250,00. Bahkan di tempat pembayaran ditulis “Bayarlah Dengan Uang Pas”. *

~ by isdiyanto on 16 October 2008.

5 Responses to “Ademnya Simpang Lima Saat Ini”

  1. ntar klo ke semarang ajak jalan2 ya…

  2. potoonya doong.. saya terakhir ke Simpang Lima sudah 3 tahun lalu

  3. Ntar kalau nikahan ajak jalan-jalan kesana yaa.
    tapi ongkosnya gratis dunk..haa..haa..

  4. pas mudik kemaren sempet ngajak anak2 nongkrong di simpang 5
    sambil minum stmj
    wah…asyiik tenan…..
    salam kenal ya dari keluarga semarangan

  5. ngomongin simpang lima.. gak lepas dari kenangan zaman jd ” kepompong “. bundaran simpang lima, mall2 kyk citraland, ramayana,matahari… mrp t4 penuh kenangan… kpn ya bs kumpul2 lg wahai para whizzers?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: