Melihat Semarang dari Menara Al Husna

Tiga Hari Jalan-jalan di Kota Lumpia (2-Bersambung)

Meskipun berada di pinggiran Kota Semarang, Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) sebagai sarana ibadah kebanggaan masyarakat Jawa Tengah sayang rasanya untuk dilewatkan begitu saja saat berada di Semarang. MAJT yang tepatnya berada di Jalan Gajah kawasan Semarang Timur dibangun pada tahun 2001 hingga tahun 2006. Dan diresmikan secara langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada 14 November 2006 yang silam.

Selain dijadikan sebagai tempat ibadah, MAJT yang memiliki luas bangunan 7.669 meter persegi di atas areal kurang lebih 10 hektar, juga dijadikan sebagai obyek wisata religi dengan berbagai fasilitas yang menarik. Salah satunya yakni adanya menara Al Husna yang memiliki ketinggian mencapai 99 meter. Adanya 6 payung elektrik raksasa yang dapat meneduhi halaman MAJT secara otomatis. Juga terdapat sarana penginapan dengan berbagai kelas bagi pengunjung yang berasal dari luar Kota Semarang.

Menara Al Husna menjadi daya tarik tersendiri yang mampu menarik pengunjung untuk datang ke MAJT yang dibangun pada era kepemimpinan gubernur Mardiyanto, yang saat ini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri RI. Pada lantai dasar menara Al Husna terdapat studio Radio Dakwah Islam (Dais), di lantai 2 dan 3 terdapat museum tentang kebudayaan Islam, dan di lantai 18 terdapat Kafe Muslim yang bisa berputar 360 derajat. Dan yang tak kalah menariknya adalah lantai 19 yang dilengkapi dengan 5 unit teropong yang bisa melihat seantero Kota Semarang dari ketinggian.

Untuk bisa menuju ke lantai 19 Menara Al Husna terlebih dahulu harus membeli tiket seharga Rp 3.000,00 (untuk pagi-siang) dan Rp 4.000,00 (untuk sore-malam). Dengan memanfaatkan teropong yang ada, Pelabuhan Tanjung Mas yang berada di ujung utara Kota Semarang juga bisa terlihat dengan jelas. Kawasan Simpang Lima yang berada di pusat kota juga bisa dinikmati dari menara ini. Cukup dengan memasukkan koin Rp 500,00 yang berwarna kuning maka teropong bisa digunakan selama beberapa menit untuk melihat segala keindahan Kota Semarang dengan segala kekhasannya. *

~ by isdiyanto on 19 October 2008.

3 Responses to “Melihat Semarang dari Menara Al Husna”

  1. sayah puasa kemaren kesanah….bagus jugax dan rame buangedh disanah….. 😛

  2. wah ini nie yang belom aq lakuin kalo k semerang,,,,

    mang jelas banget y,,,
    tapi semarang khan panas banget,,,
    palagi musim panas kayak sekarang,,

  3. wach….menara al husna..pernah kecana ce..di sana kan ada radio dais, aku pendengr setia nya dais loch..by erna modis dari sumberejo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: