Kini Saatnya Era E-Paper

Seiring dengan kemajuan teknologi yang cukup pesat maka media penyampaian informasi pun terus mengalami perkembangan. Jika sebelumnya hanya terdapat media berupa surat kabar (media cetak), radio (media audio) dan televisi (media audio visual), saat ini media online melalui internet pun mampu menjadi media informasi yang banyak diminati.

Perkembangan lainnya yang saat ini terjadi pada surat kabar adalah dengan munculnya electronic paper (e-paper) atau koran elektronik. Dengan adanya e-paper ini beberapa media cetak untuk saat ini bisa dinikmati melalui media internet dengan tampilan yang sama persis, diantaranya Kompas, Kontan, Koran Tempo, Republika, Jawa Pos dan Pontianak Post.

Kontan yang mengklaim dirinya sebagai yang mempelopori munculnya e-paper di Indonesia mulai hadir sejak 2 Juli 2008 yang lalu. Dalam e-paper Kontan, selain dapat dinikmati Kontan edisi harian, juga bisa dinikmati Kontan edisi mingguan dan Kontan edisi bulanan. E-paper Kontan dapat diakses melalui alamat http://kontan.realviewusa.com/.

Hanya berselang sehari kemudian pada 3 Juli 2008, Kompas juga memunculkan e-paper nya dengan alamat http://epaper.kompas.com/. Dalam e-paper Kompas dapat dinikmati semua edisi cetak yang dimiliki Kompas, seperti edisi Sumatera Bagian Selatan, edisi Sumatera Bagian Utara, Edisi Jawa Barat, edisi Jawa Tengah, dan edisi Jawa Timur. Dengan menggunakan aplikasi bernama Softpress, saat membaca e-paper Kompas, serasa sedang memegang Kompas edisi cetak sesungguhnya.

Koran Tempo dan Republika juga melakukan hal yang sama dengan membuat e-paper untuk memanjakan pembacanya melalui media online. E-paper Koran Tempo bisa dinikmati melalui alamat http://epaper.korantempo.com/, sementara e-paper Republika dapat diakses melalui alamat http://67.19.80.66/republika/.

Jauh sebelumnya, Jawa Pos sebenarnya telah melakukan terobosan semacam ini terlebih dahulu. Jawa Pos telah menampilkan seluruh halaman edisi cetaknya dalam format pdf yang bisa dinikmati dengan mengunjungi alamat http://versipdf.jawapos.co.id/. Tak hanya koran nasional, koran lokal pun sudah mulai melakukan hal yang sama. Pontianak Post yang merupakan salah satu koran grup Jawa Pos di Kalimantan Barat, juga sudah menghadirkan e-paper nya yang bisa dinikmati melalui http://epaper.pontianakpost.com/.

Tentu hal semacam ini memberikan kemudahan bagi pembaca untuk bisa menikmati koran edisi cetak tanpa harus bersusah payah untuk membelinya. Dan bersusah payah untuk membacanya. Bukan hal yang mustahil, kehadiran e-paper kedepan juga akan diikuti oleh media cetak lainnya. *

~ by isdiyanto on 21 October 2008.

One Response to “Kini Saatnya Era E-Paper”

  1. epaper berati kita peduli lingkungan, semakin sedikit kertas dipake maka penebangan pohon sebagai bahan baku pun berkurang… mampir ya ke http://www.rumahjual.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: