Akhirnya UU Pilpres Disahkan

Setelah memakan waktu yang cukup lama, akhirnya Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) disahkan menjadi Undang-Undang dalam Rapat Paripurna DPR di Jakarta kemarin (29/10). UU PIlpres yang baru ini akan digunakan sebagai landasan untuk pelaksanaan Pilpres tahun 2009 mendatang. Mengenai syarat dukungan terhadap Capres dan Cawapres yang selama ini menjadi perdebatan pun menemui titik temu dan dapat disepakati.

Sembilan fraksi yang ada di DPR (FPG, FPDIP, FPPP, FKB, FPD, FPDS, FPKS, FBPD dan FPBR) menyetujui syarat dukungan terhadap Capres dan Cawapres ditentukan sebesar 20% perolehan kursi di DRR atau 25% perolehan suara sah Pemilu nasional. Hanya FPAN yang bersikukuh untuk mengusulkan dukungan terhadap Capres dan Cawapres sebesar 15% perolehan kursi di DRR atau 20% perolehan suara sah Pemilu nasional. Namun dalam UU Pilpres yang baru ini tidak diatur mengenai rangkap jabatan Capres dan Cawapres terpilih dengan pimpinan Parpol.

Melihat aturan dalam UU Pilpres yang baru ini, maka dalam Pilpres tahun 2009 mendatang, hanya akan diikuti maksimal empat pasangan Capres dan Cawapres. Padahal saat ini sudah cukup banyak nama-nama yang beredar yang kemungkinan besar bakal meramaikan perebutan RI-1 dan RI-2 pada Pilpres tahun 2009. Beberapa nama tersebut diantaranya Susilo Bambang Yudhoyono (Partai Demokrat), Muhammad Yusuf Kalla (Partai Golkar), Megawati Soekarno Putri (Partai Demokrasi Indonesia Pejuangan), Soetrisno Bachir (Partai Amanat Nasional), Wiranto (Partai Hanura), Hidayat Nurwahid (Partai Keadilan Sejahtera), Yusril Ihza Mahendra (Partai Bulan Bintang), Prabowo Subianto (Partai Gerakan Indonesia Raya), Sutiyoso (Partai Indonesia Sejahtera), Sri Sultan Hamengkubuwono X (Partai Republika Nusantara).

Sungguh butuh perjuangan yang ekstra keras untuk bisa mendapatkan kendaraan Parpol untuk bisa maju dalam Pilpres tahun 2009. Mengingat besaran minimal 20% perolehan kursi di DRR atau 25% perolehan suara sah Pemilu nasional tak mudah untuk diperoleh, terlebih bagi bakal Capres dan Cawapres yang saat ini didukung oleh Parpol baru, seperti Prabowo Subianto, Wiranto dan Sri Sultan Hamengkubuwono X. Prabowo Subianto yang belakangan sudah gencar memasang iklan dirinya di televisi saat ini didukung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya, Sutiyoso mendapat dukungan dari Partai Indonesia Sejahtera sementara Sri Sultan Hamengkubuwono X yang baru Selasa kemarin (28/10) menyatakan dirinya siap menjadi Capres dalam acara Pisowanan Agung di Yogyakarta, didukung oleh Partai Republika Nusantara. Tentu akan sulit rasanya untuk bisa maju sebagai Capres dalam Pilpres tahun 2009 kalau hanya mengandalkan dukungan dari Parpol kecil semata. Koalisi antar Parpol sangat mungkin terjadi untuk tetap bisa mengusung pasangan Capres dan Cawapres.

Dengan UU Pilpres yang baru ini semoga bisa menjadikan pelaksanaan Pilpres tahun 2009 berlangsung lebih demokratis dan mampu menciptakan sitem pemerintahan yang kuat di negeri ini. Dan semoga UU Pilpres ini pun masih bisa dapat dijadikan sebagai landasan pada pelaksanaan Pilpres 5 tahun berikutnya yakni pada tahun 2014, tanpa adanya perubahan. Dan akan menunjukkan bahwa sejatinya UU PIlpres yang baru ini bukan sekedar untuk kepentingan saat ini saja, namun untuk seterusnya dan bukan untuk kepentingan segelintir golongan tertentu saja, namun untuk kepentingan bangsa dan negara. Semoga. *

~ by isdiyanto on 30 October 2008.

6 Responses to “Akhirnya UU Pilpres Disahkan”

  1. mogah ajah gak ada gonjang ganjing nantinyah 😦

  2. dalam politik praktis, sesungguhnya segala sesuatu nya menjadi sah selama mtidak ada proseur dan aturan yg dilanggarnya. Wajar jika partai besar menjadikan kepentingannya menjadi landasan pembuatan uu ini, dan partai kecil demikian juga. Hanya saja, APAKAH DALAM IMPLEMENTASINYA NANTI SEMUA BISA BERJALAN SESUAI DENGAN UU TSB ? Jika tidak pembuat UU ini gagal membuat UU yang baik.

  3. Saatnya Berkoalisi “masa depan ada di tengah”(mengutip bukunya FNSt Indonesia)

  4. mengartikan demokrasi bukan bererti memberi kebebasan seluas-luasnya tanpa batas… krn bs jd akan euforia n semua orang berteriak kebablasan seenaknya sendiri tanpa kendali..
    UNTUK SEMUANYA, SADARLAH BAHWA MAJU SBG CAPRES HRS PUNYA MODAL DUKUNGAN MINIMAL TERLEBIH DAHULU…
    klo ngak aku jg akan MENCALONKAN DIRI KOK…

  5. yang terpenting dari seorang figur calon presiden Indonesia adalah “harus memiliki ahlak dan hati nurani yang jujur bersih dan takut akan kebesaran TUHAN YANG MAHA ESA serta mengerti bahwa saat ini negara Indonesia membutuhkan pemikiran, pandangan serta suatu langkah yang cerdas dan sensasional agar dapat membangun Indonesia kedepan menjadi bangsa yang lebih baik”
    bukan hanya sekedar janji – jani politik yang sudah basi dan karatan di teling rakyat tanpa adanya suatu realisasi dan pembuktian atas segala ucapan dan janji manis yang disebut visi dan misi.

    semoga kedepan calon Presiden INDONESIA memiliki ahlak yang mulia dan memiliki suatu pandangan yang cerdas untuk membangun DAN TERPENTING tidak hanya oriented money dari hasil petambangan NEGARA yang kaya namun lebih kepada menjalankan amanah.!!!

  6. assalamu alaikum wr. wb.

    alhamdulilah…
    Selamat akhirnya golput berhasil memenangkan jumlah suara terbanyak!
    Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Partai Golput,
    baik yang dengan penuh kesadaran dan keikhlasan maupun yang tidak.
    Lho, maksudnya? Gak Jelas?😐

    Sudah saatnya kita ganti sistem!
    Sistem yang lebih “pro rakyat” dan lebih “berbudi”…
    Ayo kita ganti secepatnya, “lebih cepat lebih baik”…
    Mari kita “lanjutkan” perjuangan dakwah untuk menegakkannya!
    Sistem Islam, petunjuk dari Sang Maha Pencipta!

    Lihatlah dengan hati dan fikiran yang jernih!
    Aturan Sang Maha Pencipta diinjak-injak
    dan diganti dengan aturan yang dibuat seenak udelnya!
    Dan lihat akibatnya saat ini, telah nampak kerusakan
    yang ditimbulkan oleh sistem sekulerisme dan turunannya
    (seperti: kapitalisme, sosialisme, demokrasi, dsb) di depan mata kita!

    Banyak anak terlantar gara2 putus sekolah.
    Banyak warga sekarat gara2 sulit berobat.
    Banyak orang lupa gara2 ngejar2 dunia.
    Dan banyak lagi masalah yang terjadi gara2 manusia nurutin hawa nafsunya.

    Lihat saja buktinya di
    http://hizbut-tahrir.or.id/2009/05/12/kemungkaran-marak-akibat-syariah-tidak-tegak/
    http://hizbut-tahrir.or.id/category/alwaie/
    http://hizbut-tahrir.or.id/category/alislam/
    dan banyak lagi bukti nyata yang ada di sekitar kita!

    Untuk itu, sekali lagi saya mohon kepada semua pihak
    agar segera sadar akan kondisi yang sekarang ini…
    dan berkenan untuk membantu perjuangan kami
    dalam membentuk masyarakat dan negeri yang lebih baik,
    untuk menghancurkan semua bentuk penjajahan dan perbudakan
    yang dilakukan oleh manusia (makhluk),
    dan membebaskan rakyat untuk mengabdi hanya kepada Sang Maha Pencipta.

    Mari kita bangkit untuk menerapkan Islam!
    mulai dari diri sendiri.
    mulai dari yang sederhana.
    dan mulai dari sekarang.

    Islam akan tetap berlaku hingga akhir masa!
    Dan Islam akan menerangi dunia dengan cahaya kemenangan!
    Mohon maaf apabila ada perkataan yang kurang berkenan (-_-)
    terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.

    wassalamu alaikum wr. wb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: