Hari Libur Tetap Terbit

Sebagian besar surat kabar harian kemarin (8/12) tidak terbit karena kemarin merupakan hari libur nasional memperingati Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1429 H. Namun tidak demikian bagi harian Jawa Pos dan harian Seputar Indonesia. Keduanya tetap hadir menemui pembaca setianya dengan sajian informasinya. Seakan tidak mau berhenti memberikan informasi kepada pembacanya seperti halnya yang dilakukan oleh media elektronik.

Harian Jawa Pos dengan mottonya Selalu Ada yang Baru kemarin hadir dengan edisi Idul Adha. Bagi harian Jawa Pos tanggal merah atau hari libur nasional memang tidak dikenal, artinya koran tetap harus terbit dan pembaca harus tetap memperoleh informasi. Dan belakangan hal ini juga diikuti oleh harian Seputar Indonesia yang memiliki motto Satu Koran Segala Berita, yang tetap terbit di hari libur nasional.

jawaposHarian Jawa Pos memang sudah lama menghapus tanggal merah dari kalender penerbitannya. Kebijakan tetap terbit meski di hari libur nasional dilakukan oleh CEO harian Jawa Pos Dahlan Iskan sejak tahun 1990-an yang lalu. Dahlan Iskan beranggapan justru pada saat hari liburlah pembaca memiliki banyak waktu luang untuk membaca. Sehingga koran harus tetap hadir menemui pembacanya. Meski hari libur. Pada saat hari libur memperingati Hari Raya Idul Adha kemarin, harian Jawa Pos hadir dengan format 20 halaman. Dan bagi masyarakat yang berada di Semarang juga turut mendapatkan harian Radar Semarang (grup Jawa Pos) yang dijual dalam ‘1 paket’ dengan harian Jawa Pos. Harian Radar Semarang sendiri terbit dengan format 8 halaman. Sementara itu di Surabaya, harian Radar Surabaya (grup Jawa Pos) kemarin juga tetap terbit.

Sementara itu bagi harian Seputar Indonesia yang terbit sejak 30 Juni 2005 yang lalu, kemarin hadir menyapa pembacanya dalam format 24 halaman. Meski termasuk pendatang baru di industri media cetak, harian yang dinobatkan sebagai koran terbaik tahun 2008 oleh majalah Cakram ini, sepertinya juga mulai menghapuskan tanggal merah dari kalender penerbitannya.

Jadi meskipun tanggal merah atau hari libur nasional, kita masih bisa menikmati sajian informasi dari harian cetak yang tetap terbit. Namun demikian tetap ada kendala bagi pembaca untuk bisa memperoleh koran yang tetap terbit di hari libur nasional, karena biasanya sebagian besar agen, pengecer maupun loper koran meliburkan dirinya. Sehingga cukup sulit juga untuk bisa mendapatkan koran tersebut, terlebih di daerah yang bukan perkotaan. Bagi yang telah berlangganan mungkin hal ini tidak menjadi masalah. Namun demikian tetap perlu diberikan apresiasi tersendiri bagi media cetak yang tetap berusaha menyapa pembacanya meski di hari libur nasional. Bagaimanapun setiap saat masyarakat masih membutuhkan sebuah informasi yang cepat dan akurat. * (image: http://versipdf.jawapos.co.id/)

~ by isdiyanto on 9 December 2008.

13 Responses to “Hari Libur Tetap Terbit”

  1. Hidup Jawa Pos…
    Masak hari libur, berita juga libur? Gak seru dong…๐Ÿ™‚

  2. salah satu cara jitu bentuk pemasaran artinya hari libur tetep on…..sip dan emang sebaiknya media seperti ini tetep hadir walau libur juga

  3. Mungkin untuk pembaca surat khabar cetek pas hari libur pasti tetap banyak, tapi untuk yang pada ngenet jadi sedikit, imbasnya yang berkunjung ke blogku jadi sedikit tuh Mas. Jadi ya harap maklum.

  4. iya, tapi karyawannya jadi nggak libur…๐Ÿ˜€

  5. mekipun libur, informasi yang hangat tetap dibutuhkan.
    salut buat surat kabar yang tetap terbit๐Ÿ™‚

  6. dah konsekuensinyah kalik yaks… ๐Ÿ˜›

  7. Iya..
    salut juga nih buat Jawa Pos
    Slam kenal… lagi nyasar nih…

  8. Harusnya memang begitu. Koran bisa mengisi kekosongan di hari libur. Ya untuk dibaca-baca.

  9. Hahahahah
    Koran nasional emang ngak ada hari libur. Tapi koran lokal biasanya pasti libur kalo tanggal merah.

    Mungkin itu karena kemamuan koran lokal yg belum bisa bersaing dg koran nasional. Selain personil, juga dibutuhkan biaya tambahan loh..

    Apa ada gaji lembur ya di media….???

    Kwakakakakakakak

  10. jawapos never die….never holiday too…hehehehe

  11. thx atas linknya, btw slm kenal n sekalian numpang iklan ya mas…:) thx b4

  12. wah… untuk bg jay
    kayaknya klu media gak da biaya tambahan lemburnya deh bg…..
    he.. he….
    hidup jawapos………..

  13. sebaiknya koran ini perlu memperbanyak ilustrasi, untuk tampil paling bagus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: