Benar-benar Pilihan Masyarakat

Hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada 23 Desember 2008 yang lalu cukup memberi perubahan yang berarti dalam pelaksanaan Pemilu 2009 mendatang. MK di penghujung tahun 2008 kemarin membatalkan pasal 214 huruf a, b, c, d dan e UU No.10 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Implikasi yang cukup menonjol dari pembatalan pasal 214 tersebut adalah, penetapan calon legislatif (Caleg) terpilih nantinya benar-benar berdasarkan suara terbanyak. Tak lagi dipandang berdasarkan nomor urut. Meskipun berada di nomor urut paling akhir, bila Caleg tersebut mampu meraih dukungan paling besar dari masyarakat maka ia akan menjadi wakil rakyat yang akan duduk di legislatif. Putusan MK inipun membawa sedikit angin segar bagi Caleg yang berada di nomor sepatu, setidaknya mereka akan memiliki kesempatan dan peluang yang sama dengan Caleg di nomor urut atas untuk menjadi anggota legislatif.

pilihDengan putusan MK tersebut maka kini setiap Caleg tak hanya bersaing dengan Caleg dari Parpol lain untuk merebut simpati masyarakat namun juga harus bersaing dengan Caleg dari Parpolnya sendiri. Sehingga tak ayal sekarang atribut kampanye semakin menambah sesak di setiap sudut jalanan dan tempat-tempat strategis karena masing-masing Caleg berusaha untuk bisa dikenal oleh masyarakat luas supaya bisa terpilih.

Sejatinya sebagian Parpol, seperti Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bintang Reformasi (PBR), Partai Demokrat (PD), Partai Damai Sejahtera (PDS) dan Partai Golongan Karya (Partai Golkar), memang sudah menerapkan mekanisme semacam ini melalui kesepakatan internal Parpol, yakni penetapan Caleg terpilih berdasarkan suara terbanyak. Sehingga adanya putusan MK ini semakin menguatkan upaya Parpol tersebut untuk menempatkan Caleg terpilih berdasarkan suara terbanyak.

Semoga dengan penetapan Caleg terpilih berdasarkan suara terbanyak pada Pemilu 2009 mendatang bisa menghasilkan wakil rakyat yang memang benar-benar merupakan pilihan mayoritas masyarakat. Dan memang benar-benar mengenal masyarakat dengan segala persoalannya, sehingga lebih mampu untuk memperjuangkan aspirasi konstituennya tersebut. Diharapkan pula Caleg memiliki ikatan emosional yang lebih tinggi terhadap konstituennya. Sebagai masyarakat, ayo gunakanlah hak pilih dengan hati nurani supaya tidak menghasilkan Caleg terpilih yang 4L, loe lagi loe lagi … *

~ by isdiyanto on 12 January 2009.

9 Responses to “Benar-benar Pilihan Masyarakat”

  1. Setuju bos.. para caleg/aleg memang “memiliki ikatan emosional yang lebih tinggi terhadap konstituennya dan selalu siap memperjuangkan aspirasi konstituennya” tersebut.

    Oh ya sekalian saya mohon doa restu dan dukungan dari panjenengan nggih bos. Kapan bisa kopdar? he he…

  2. jadi pingin ndaftar caleg biar bisa foya-foya kayak mereka… 😆

  3. saya lom kenal sama caleg2nya, partainya aja ga hapal…

  4. salam kang….semarang udan terus ket wingi yo!

  5. gubraxxx (kaget) lha kok theme kita sama mas.

  6. Semoga caleg yang terpilih di pemilu 2009 ini memang merupakan orang-orang pilihan yang bisa membawa negara kita lebih baik lagi.

  7. itu kelebihan dari keputusan MK. yang kebakaran jengot sekarang adalah para pekerja Partai. sudah susah-susah bikin partai, mendanai partai, membesarkan partai,…tapi yang terpilih calon yang bukan pekerja partai tapi di kenal massa… kacian deh…..

  8. berkunjung, mampir ke galleryku juga bos:) thx b4. blogmu dah aku link tu..

  9. sekarang heboh ttg caleg ya..
    semoga yang terpilih memang yang terbaik..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: