Jambi in The Picture

Selama kurang lebih satu bulan lamanya berada di Kota Jambi tentu banyak cerita dan kisah yang didapat. Mengingat keterbatasan waktu sehingga menjadikan tak banyak cerita dan kisah yang bisa dibagi dalam bentuk tulisan. Namun rasa ingin untuk membaginya memunculkan ide untuk menampilkan beberapa foto selama ‘keliling-keliling’ di Kota Jambi. Berikut 21 foto pilihan yang diambil di Bumi Tanah Pilih Pesako Betuah -sebutan Kota Jambi- semoga bisa sedikit menggambarkan mengenai kondisi Ibu Kota Provinsi Jambi tersebut.

kantor-gubernur-jambi

Kantor Gubernur Jambi terletak di Komplek Perkantoran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi di Jalan Jenderal Achmad Yani No.1 Telanaipura Kota Jambi. Dari tempat inilah Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin -yang akan habis masa jabatannya pada tahun 2010 mendatang- menjalankan roda pemerintahan Provinsi Jambi.

dprd-provinsi-jambi

Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi terletak di Komplek Perkantoran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi di Jalan Jenderal Achmad Yani No.2 Telanaipura Kota Jambi. DPRD Provinsi Jambi periode 2004-2009 saat ini diketuai oleh H. Zoerman Manap dengan wakil ketua H. Chairul Naim M. Anik, SH, MH dan H. Suwarno Soerinta.

bandara-sultan-thaha

Bandar Udara Sultan Thaha yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta Kota Jambi menjadi pintu masuk menuju Kota Jambi maupun kabupaten/kota lain di Provinsi Jambi dengan moda transportasi pesawat udara. Bandar Udara Sultan Thaha dikelola oleh PT. Angkasa Pura II sejak April 2007, setelah sebelumnya dikelola oleh Dinas Perhubungan Provinsi Jambi.

masjid-al-falah

Masjid Agung Al-Falah Jambi yang juga terkenal dengan sebutan Masjid Seribu Tiang, karena bentuk bangunannya memiliki jumlah tiang yang cukup banyak dan tidak berdinding. Masjid Agung yang terletak di Jalan Sulthan Thaha No.60 Kelurahan Legok Kecamatan Telanaipura Kota Jambi ini memiliki daya tampung mencapai 10 ribu jamaah.

unja-telanaipura

Kampus Universitas Jambi (Unja) Telanaipura merupakan salah satu kampus universitas kebanggaan masyarakat Jambi yang tepatnya berada di Jalan A. Manaf Kota Jambi. Di kampus ini digunakan untuk penyelenggaraan program ekstensi dan pascasarjana. Sementara kampus utama Unja terletak di Jalan Raya Jambi-Muara Bulian KM.15 Mendalo.

demonstrasi

Demonstrasi Mahasiswa untuk menyuarakan aspirasinya sering dilakukan di Kota Jambi. Seperti yang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Lampung (Unila) dan Universitas Jambi (Unja) yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan Seluruh Indonesia (IMAKIPSI) yang menyuarakan aspirasinya mengenai dunia pendidikan di Indonesia. Aksi tersebut dilakukan di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi kemarin (27/2).

kantor-walikota-jambi

Kantor Walikota Jambi terletak di Jalan Jenderal Basuki Rahmat No.1 Kecamatan Kota Baru. Walikota Jambi dr. H.R. Bambang Priyanto bersama Wakil Walikota Jambi M. Sum Indra, SE, MMSi -yang baru beberapa bulan memimpin Kota Jambi- merupakan walikota dan wakil walikota Jambi yang pertama kali dipilih oleh masyarakat secara langsung.

dprd-kota-jambi

Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jambi yang terletak di Jalan H. Zainir Haviz Kecamatan Kota Baru merupakan tempat berkantornya para wakil rakyat Kota Jambi untuk terus menyuarakan aspirasi seluruh masyarakat Kota Jambi. DPRD Kota Jambi periode 2004-2009 saat ini diketuai oleh H. Zulkifli Somad, SH, MM dengan wakil ketua Drs. H. Asmawi Syamsuri dan Sukarno.

kpu-kota-jambi

Kantor KPU Kota Jambi yang berada di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, No.3 Kecamatan Kota Baru Kota Jambi hangus terbakar pada 19 Oktober 2008 yang lalu. Akibat kebakaran tersebut arsip penting hasil pemilihan walikota dan wakil walikota Jambi -yang baru usai digelar pada 20 Agustus 2008- habis ikut terbakar.

graha-pena-jambi-ekspres

Graha Pena Jambi Ekspres merupakan kantor redaksi Harian Pagi Jambi Ekspres yang terletak di Jalan Kapten Pattimura No.35 KM.8 Kenali Besar Kota Jambi. Dengan mengusung motto Cerdas dalam Perubahan, Harian Pagi Jambi Ekspres terbit di seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Jambi.

graha-pena-jambi

Graha Pena Jambi merupakan kantor redaksi Harian Pagi Jambi Independent yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman No.100 Thehok Kota Jambi. Sebelum bergabung dengan Jawa Pos News Network (JPNN) awalnya Harian Pagi Jambi Independent bernama Independent.

ancol-jambi

Kawasan Ancol Jambi merupakan salah satu tempat rekreasi di Kota Jambi yang terletak di pinggiran Sungai Batanghari. Kawasan yang tepat berada di depan Rumah Dinas Gubernur Jambi ini biasanya ramai dikunjungi masyarakat pada malam hari terutama malam Minggu. Semilir angin malam menjadi kenikmatan tersendiri sambil menikmati Jagung Bakar dan Es Tebu.

tugu-adipura

Tugu Adipura. Adipura merupakan penghargaan yang diberikan kepada kabupaten/kota dalam bidang kebersihan lingkungan. Kota Jambi beberapa kali pernah menerima Adipura, namun beberapa tahun belakangan Adipura tak lagi diraih Kota Jambi.

tugu-monas

Tugu Monas terletak di persimpangan Komplek Perkantoran Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi. Sebagian besar masyarakat Jambi menyebut tugu yang terletak di Kota Baru tersebut dengan Tugu Monas karena bentuknya yang menyerupai Tugu Monumen Nasional (Monas) yang ada di Jakarta.

jembatan-makalam

Jembatan Makalam dengan kemegahan bentuknya menjadi jembatan kebanggaan masyarakat Kota Jambi. Jembatan Makalam biasanya dijadikan sebagai salah satu tempat favorit setiap malam pergantian tahun baru. Makalam merupakan nama walikota pertama yang memimpin Kota Jambi yakni pada tahun 1946 hingga 1948.

taman-rimba

Taman Rimba merupakan kebun binatang yang terletak tak jauh dari Bandar Udara Sultan Thaha, tepatnya di Jalan Sunaryo, Kecamatan Jambi Selatan Kota Jambi. Dengan koleksi binatang yang cukup beragam -mulai dari gajah, harimau Sumatera, ular, burung, monyet, buaya, babi, dan lain sebagainya-, Taman Rimba biasanya ramai dikunjungi masyarakat pada saat hari Minggu dan hari libur nasional.

pasar-angso-duo

Pasar Angso Duo merupakan pasar tradisional terbesar di Kota Jambi yang terletak di Kecamatan Pasar Jambi. Ditengah gempuran maraknya pasar modern, Pasar Angso Duo masih bisa tetap bertahan hingga sekarang. Termasuk harus bersaing dengan Pasar Swalayan Ramayana dan Hypermart yang letaknya hanya sekitar 150 meter dari Pasar Angso Duo.

terminal-angkot-rawasari

Terminal Angkutan Kota (Angkot) Rawasari merupakan terminal bagi semua angkot yang ada di Kota Jambi. Angkot yang ada di Kota Jambi berwarna biru, kuning, merah dan hijau sesuai dengan masing-masing jurusannya.

baliho-caleg

Baliho Calon Anggota Legislatif (Caleg) marak di setiap sudut strategis Kota Jambi menjelang semakin dekatnya pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif tahun 2009. Masing-masing Caleg terus berusaha memperkenalkan diri kepada masyarakat dengan beragam media termasuk dengan memasang baliho.

sosialisasi-pemilu

Sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif terus dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi termasuk dengan cara memasang baliho tata cara pencontengan pada surat suara Pemilu Legislatif tahun 2009. Sehingga diharapkan masyarakat akan menggunakan hak pilihnya pada 9 April 2009 mendatang.

jpm-trona

Jambi Prima Mall (JPM) Trona merupakan salah satu pasar raya yang terdapat di Kota Jambi. Mall yang tepatnya berada di Jalan Jenderal Sudirman ini menjadi banyak incaran masyarakat Jambi karena menawarkan aneka macam kebutuhan sehari-hari dengan harga yang cukup murah. *

~ by isdiyanto on 28 February 2009.

51 Responses to “Jambi in The Picture”

  1. He..hee…
    Aplause aj deh buat kerja kak.

  2. Kok ada JTv? Jambi TV ya?
    Kayak TV lokal di Surabaya aja. Namanya juga JTV.
    Wah…asik jalan-2nya bang.

  3. kayaknya mas eko bener bener udah keliling jambi ya….selama 1 bulan perjalanan menjemput sang putri untuk diboyong k semarang…he heh he he he.
    PICnya emg mewakili kota jambi bngt neh….Tapi PIC Sarolangunnya kurang tuh mas. Mo gak tak uploadin??????????
    Jangan jambinya aja mas……..
    oke deh. Selamat Menempuh hidup. moga langgeng terus

  4. wah, ternyata waktu kita aksi kemaren kakak lagi ada di jambi ya?
    Hmmm, yang ikutan aksi bukan cuma dari UNSU, UNILA ma UNJA doang loh, tapi dari UN Makasar, Univ Bengkulu, UIN SGD Bandung, Untirta, UNSRI dan lain-lain juga loh…

  5. wah ternyata jambi nya ok juga ya kapan ya bisa ke jambi dulu pernah cuman nggak sempet keliling2, yah ok nice blog

  6. wow…JPM-nya keren….

  7. lom pernah ke jambi…
    ternyata beginu toh jambiiii….πŸ˜€

  8. sudah tak link kang…. πŸ˜€
    kapan nulis lage? πŸ˜€

  9. hoi apo kabar jambi waoi aku senang nian nengok web maju terus mang cek aku anak kota baru ni…

  10. jd kepingin ke Jambi nie.. he he..

    btw, jika ada waktu luang Dengan Hormat; mengundang Anda semua untuk menyaksikan “PARADE dari Kota Pelajar”, matur nuwun awit karawuhan lan kawigatosanipun.:) pareng…

  11. jadi kangen jambi nih….hehe

  12. jambi Is the best, But ……

  13. saya Ronggo, maaf boleh tanya. Admin blog ini asli orang Jambi ya?

  14. jd kangen nie
    ma jambi

  15. mampir ke bungopos.co.cc ya ini baru awal alias uji coba

  16. hmmm…dah diliat nieh…
    keyeeen,,,
    qto wong Jambi jd haruu nieh…πŸ™‚

  17. jambi gitcu loch…keren kan???
    itu g” seberapa msih banyak tempet2 yang bikin mata jadi besar dan nyaman.
    bagunan di jambi modern tapi tetap natural…ramah lingkungan gitu loch..mengurangi GLOBAL WARMING!!!
    BENERKAM..

  18. Kurang banyak koleksinya nih, emang gak ada lagi tempat2 yang unik dan eksotik di Jambi…Hunting trus Boss

  19. Haloo.. Jambi Ekspres..

    Ne Glen (X Jambi Ekspres)

    Jadi Pengen Ke jambi Lagi N ngeliput Ototrendy..

    Ui DEWI..
    Oia Selamat ya Buat Mbak Dona..
    lagi hamil kan..
    Selamat Ya..

  20. I LOVE JAMBI

  21. yang gini bagus khan kita orang jambi bisa ngeliat2 jambi kalau kangen walupun cuma bisa ngeliat fotonya, explore lagi boss cari tempat-tempat yang keren yang biasa dimampirin sama anak2 jambi kalo lagi nogkrong,biar kangennya terobati

  22. kutinggalkan hatiku di jambi, kota kenangan indah dan manis. tetap bersih selalu jambiku. ingin ku terus mencintaimu walau bisikanmu azimat berduri…..cintaku yang terindah…jadi airmata di jareiku, (betapa kucinta padamu) -siti nurhaliza-

  23. masih teringat lagi waktu kuliah di jambi, tinggal di rumah kos bersama kawan2 semalaysia di pemancar. masih ada lagi ker rumah di pemancar itu?? kirimkan fotonye kalu bisa. dari pelajar malaysia alumni iain sts jambi budak pemancar 1997-2001

  24. mohon izin fotonya mau di sharing di forum jambi, http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?p=44381666#post44381666

  25. hey.aku kartika.
    aku anak jambi yg kuliah di Undip.πŸ™‚

  26. eh..bang dulu klo ga salah di taman rimba itu ada monumen pesawat terbangnyo…skarang msh ada ga?

  27. i love jambi

  28. helo teman-teman di jambi

  29. saya penelitian ke Provinsi jambi tetapi ga punya sahabat disaa, saya ingin mendapat info kprovinsi Jambi.
    Email_ kakawenda@yahoo.co.id

  30. Mana foto2 candi muaro jambinya?….

  31. Blog keren, ijin makek sebagian photo-2nya. Boleh kah?

    http://moedjionosadikin.wordpress.com

  32. ealah…d Jambi ada gedung bertingkat & kabun binatangnya jg tho…kirain…wkwkwkwkwk…

  33. saia blm prnh ke jambi, mas…
    tapi, liat foto2nya kyknya jambi menarik juga ya…πŸ™‚

  34. Jadi kngen ma kota jambi, syng q msh d kalsel.
    Mdhn lbran bs plng

  35. aq juga….

  36. jambi kota kbanggaan kito……………………by: holik nak sengeti km:33..yg stady in jawa

  37. kapan-kapan jalan ke bangko, pasti seru, apalagi malam hari….

  38. My esteemed occur in the direction of gala are mountains. I especially be fond of the European ones, in Germany or Italy. The endure is perfect appropriate for trekking and there are sundry darling villages, where you can stay. People are exacting and you can oblige the tempo of your memoirs there. My neighbourhood: [url=http://www.transport-warszawa.info/]transport warszawa[/url]

  39. Hello. And Bye.

  40. trane xr90

  41. wah..jadi pingin ke jambi, btw ada yg punya photo angkot jambi jaman dulu?

  42. Wow all I can say is that you are a great writer! Where can I contact you if I want to hire you?


    isdiyanto:
    Via email simpanglimasemarang@gmail.com *

  43. Good Afternoon

    Awesome blog, great write up, thank you!

  44. sangat mambantu tugas saya.. mkshπŸ˜€

  45. halo…

  46. Saya bangga dengan adanya gambar2 seperti ini sangat membantu wisatawan yang akan menambah devisa provinsi jambi.

  47. daerahnya panas banget ya… diam-diam propinsi jambi memiliki banyak wisata alamπŸ˜€
    gak bilang bilang nih

  48. wah saya baru ingin ke Jambi dan pengen ke KKI Warsi. ada yg bisa kasih info? Lokasi di jalan inu kertapati, dari Sultah Thaha naik apa ya? :p Trima kasih sebelumnya.

  49. jambi kebanggan kito

  50. try araruna kangan jambi

  51. ping!!!πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: