Kampanye Damai, Harus!

Setelah beberapa bulan Partai Politik (Parpol) dan calon anggota legislatif (Caleg) hanya diperkenankan melakukan kampanye secara tertutup, mulai hari ini sudah bisa melakukan kampanye secara terbuka. Kampanye terbuka yang bisa berupa rapat umum dan pengerahan massa terjadwal mulai hari ini, 16 Maret hingga 5 April 2009 mendatang. Mulai hari ini pula setiap hari masyarakat akan mendapatkan sajian ‘aneka rasa’ Parpol yang berlomba untuk meraih simpati dan dukungan melalui beragam aksinya.

Dan pada hari pertama pelaksanaan kampanye terbuka ini, hampir di sebagian besar daerah dilaksanakan kampanye secara bersama-sama dengan melibatkan seluruh kontestan peserta Pemilu yang akan berlaga pada 9 April 2009. Pawai bersama dan penandatanganan ikrar kampanye damai pun banyak dilakukan di berbagai kabupaten/ kota di negeri ini. Tujuannya tak lain supaya selama pelaksanaan Pemilu Legislatif tahun 2009 ini bisa berjalan dengan aman dan lancar serta tetap tercipta iklim yang kondusif di tengah masyarakat.

Tak terkecuali di Kota Semarang, bertempat di Lapangan Pancasila – Simpang Lima Semarang pada hari ini pun digelar Apel Kampanye Damai Pemilu 2009 bersama seluruh Parpol. Namun sedikit disayangkan ada sejumlah Parpol yang tak turut menyemarakkan apel kampanye bersama yang juga dihadiri Walikota Semarang, Sukawi Suratip pada hari ini. Seyogyanya aroma kedamaian di awal masa kampanye terbuka ini senantiasa tercium selama masa kampanye terbuka hingga menjelang masa tenang dan hari pencontrengan mendatang. Setiap Parpol dituntut untuk mampu bersikap lebih dewasa dengan menciptakan iklim yang damai selama pelaksanaan kampanye terbuka, bukan hanya di awal masa kampanye terbuka saja.

Hingga 5 April 2009 mendatang setidaknya setiap hari akan ada beberapa Parpol yang akan berkampanye sesuai dengan jadwal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ini merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk menyimak dan mengetahui lebih mendalam lagi mengenai Parpol atau Caleg yang akan dipilihnya kelak pada hari pencontrengan.

awasiSeakan tak mau kalah dengan hingar bingar kampanye bersama di hari pertama ini, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) pun melakukan aksinya. Bertempat di bundaran videotron di Jalan Pahlawan sejumlah relawan Panwaslu Provinsi Jateng membagi-bagikan stiker kepada setiap pengendara sepeda motor dan mobil yang melintas di sekitar bundaran videotron. Stiker bertuliskan “AWASI DAN LAPORKAN! PELANGGARAN PEMILU KEPADA PANWASLU” ini berusaha menggugah masyarakat untuk turut berpartisipasi mengawasi jalannya pelaksanaan Pemilu Legislatif tahun 2009. Juga tercantum dalam stiker mungil ini alamat sekretariat Panwaslu Provinsi Jateng yang terletak di Jalan Tri Lomba Juang No.18 Semarang.

Suksesnya semua proses pelaksanaan Pemilu Legislatif tahun 2009, tak hanya berada di tangan KPU, Panwaslu dan Parpol semata, namun juga butuh dukungan dan peran aktif dari seluruh elemen masyarakat yang ada. Termasuk selama dalam tahapan pelaksanaan kampanye terbuka ini, diharapkan masyarakat juga mampu berperan aktif memanfaatkan momen ini supaya kelak tidak salah pilih dan tidak salah centrang. Selamat menikmati sajian kampanye Parpol dan Caleg… *

~ by isdiyanto on 16 March 2009.

6 Responses to “Kampanye Damai, Harus!”

  1. Iya bang..tadi di daerahku rame banget. Mudah-2an bener-2 damai…

  2. Belum sempet ngeliat secara langsung coz….. di kantor truz. betapa hingar-bingar diluar sana, tapi buat ku semrawut, macet, panas, dan serasa ruang publik hanya milik partai politik.
    Ambil pic-nya juga dunz..!!!!

  3. yah mas !!
    harus itu “Kampanye damai”
    kalo ndak dame, yang ada kerusuhan lah di mana2,..

    kalo soal pelanggaran,
    masih banyak sih maz dijumpai dalam kampanye,
    seperti masih dibawanya anak2 untuk ikut kampanye,
    pemasangan atribut parpol dengan ukuran raksasa yang tidak diperbolehkan, masih saja dilakukan,..
    dan PANWASLU pun gak berdaya dan gak bisa buat apa2,..

    aku sering heran juga mz,
    undang2 udah rapi bener menata peraturan kampanye,
    tapi masih juga dilanggar, dan panwaslu pun menindaknya terkesan pilih kasih,.. carut marut nih proses demokrasi kita,..

    btw, saluttt buat Indonesia,
    udah bisa jadi Negara paling demokrasi di Dunia,…
    asal jangan kejadian kudeta aja sih !!! kita doain semoga tidak !!
    dag itu aja lah mz !!

    ekekekek

    -si gonda-

  4. whualah… kalo ttg Dami mah, sejak dulu kita2 rakyat damai aja kok. Yg gak dami paling2 ya orang2 elit-nya ato orang2 yg justru gak paham politik.
    Ada juga banyak orang yg kurang kerjaan lalu bikin2 partai, padahal ngumpulkan massa saja gak bisa.😆

  5. kedamaian kampanye tidak saja dicirikan oleh ketiadaan konflik fisik….tetapi juga nonfisik seperti saling curiga tentang DPT….sebaiknya ada saling kontrol tanpa harus salah menyalahkan….kasus kecurigaan adanya penggelembungan DPT harus diklarifikasi dan verifikasi oleh KPU segera…..

  6. sayah masih keukeuh daftar caleg partai blogger! :mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: