Berpikir di Masa Tenang

Berakhir sudah hingar bingar kampanye terbuka Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif yang dilakukan oleh partai politik (Parpol), calon anggota legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten/Kota, Caleg DPRD Provinsi, Caleg Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Dan berakhir pula segala sajian dari Parpol maupun Caleg untuk merebut hati dan simpati dari masyarakat.

Mulai hari ini hingga Rabu (8/4) mendatang tahapan Pemilu Legislatif tahun 2009 memasuki masa tenang. Segala aktivitas Parpol maupun Caleg yang berbau kampanye dilarang sudah, semua atribut kampanye -berupa bendera, spanduk, umbul-umbul, poster, baliho, stiker dan lain sebagainya- yang dipasang di setiap jalanan dan sudut-sudut kota pun harus diturunkan terhitung mulai tadi malam (5/4) pukul 24.00 WIB yang merupakan batas akhir masa kampanye.

Kampanye terbuka sudah digelar selama tiga pekan oleh Parpol dengan beragam sensasinya untuk menarik simpati masyarakat. Selama tiga pekan pula masyarakat seakan mendapatkan suguhan hiburan artis-artis papan atas secara gratis, karena hampir sebagian besar kampanye terbuka yang dilakukan oleh setiap Parpol selalu mengusung artis-artis ibu kota untuk menarik massa lebih banyak. Tentu tak sedikit dana yang harus dikeluarkan oleh Parpol untuk menghadirkan suguhan hiburan artis-artis tersebut.

Namun demikian tujuan utama kampanye untuk lebih memperkenalkan visi dan misi Parpol kepada kader, simpatisan maupun masyarakat luas justru menjadi kurang mendapatkan perhatian. Masyarakat menjadi lebih tertarik untuk melihat hiburan artis-artis ketimbang pidato ataupun orasi politik dari petinggi Parpol yang bersangkutan yang disampaikan selama kampanye. Bahkan tak jarang masyarakat yang tidak tahu apa-apa mengenai orasi politik dari kampanye yang usai diikutinya.

atribut-kampanyeHari pertama memasuki masa tenang pada hari ini wajah Kota Semarang sudah mulai sedikit bersih dari atribut kampanye Parpol maupun Caleg. Meskipun tak sedikit juga beragam atribut kampanye dari Parpol maupun Caleg yang masih terpasang di jalanan di Kota Semarang, seperti di sepanjang Jalan Fatmawati, Jalan Gajah, Jalan Supriyadi, Jalan Singosari, Jalan Tlogosari Raya dan lain sebagainya. Seperti dalam foto yang diambil pada pukul 13.55 WIB hari ini di Jalan Fatmawati, tampak masih terpasang atribut kampanye milik Parpol maupun Caleg. Hingga siang hari ini, baliho kampanye dengan ukuran yang cukup besar pun masih ada yang terpasang, stiker kampanye di bagian belakang angkutan kota (Angkot) pun masih ada yang belum dilepas. Seyogyanya Parpol maupun Caleg memiliki kesadaran penuh untuk membersihkan semua atribut kampanye -yang dipasangnya- yang masih terpasang demi kelancaran pelaksanaan Pemilu Legislatif yang akan digelar pada 9 April 2009 mendatang.

Masa tenang selama tiga hari hingga Rabu (8/4) mendatang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memikirkan lebih baik lagi siapa yang lebih pantas dan lebih layak untuk dicontreng pada 9 April 2009 medatang. Siapa yang layak mewakilinya untuk duduk di kursi DPRD Kabupaten/ Kota, DPRD Provinsi, DPR-RI dan DPD-RI dengan melihat rekam jejak dan seluruh aktivitasnya selama masa kampanye terbuka kemarin. Supaya kelak jangan sampai salah pilih. *

~ by isdiyanto on 6 April 2009.

One Response to “Berpikir di Masa Tenang”

  1. Yang bikin saya heran nih bang: Saat pertama kali akan diadakan kampanye, para tim sukses caleg berbondong-2 pasang bendera, poster dan lain-2.
    Anehnya…saat kampanye telah usai, mereka dah cuek ma poster dan bendera yang masih nangkring di pohon.
    Misalnya nih…kita punya kesadaran masing-2..Saat kita pasang bendera dll, kenapa gak kita sendiri yang menurunkan?
    Sekalian kan bisa kampanye kalo diri mereka juga peduli dengan lingkungan
    hehe….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: