Awas, Jangan Salah Contreng!

Setelah melewati berbagai tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif, tiba saatnya puncak tahapan Pemilu Legislatif pada hari ini yakni hari pemungutan suara. Di hari ini seluruh masyarakat yang sudah memenuhi persyaratan menjadi pemilih sesuai dengan ketentuan Undang-undang No.10 Tahun 2008 -tentang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah- dan sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) diharapkan menggunakan hak suaranya dengan mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) mulai pukul 07.00 hingga pukul 12.00 waktu setempat untuk melakukan pencontrengan.

Gunakanlah hak suara yang dimiliki untuk turut mensukseskan pelaksanaan Pemilu Legislatif tahun 2009 untuk menghasilkan para wakil rakyat yang lebih baik dan lebih memperhatikan kepentingan masyarakat yang akan duduk di kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Pilih dan contrenglah calon anggota legislatif (Caleg) dengan menggunakan hati nurani semoga kelak anggota legislatif yang terpilih mampu mengemban amanat yang diterima sebagai wakil rakyat.

contrengSaat datang ke TPS, setiap pemilih akan mendapatkan empat surat suara yang masing-masing berwarna kuning, biru, hijau dan merah. Surat suara warna kuning untuk memilih caleg DPR-RI, surat suara warna biru untuk memilih Caleg DPRD Provinsi, surat suara warna hijau untuk memilih Caleg DPRD Kabupaten/ Kota dan surat suara warna merah untuk memilih calon anggota DPD-RI. Pilih dan contrenglah Caleg-caleg yang terbaik di setiap surat suara tersebut untuk menghasilkan anggota dewan yang memiliki semangat mengutamakan kesejahteraan masyarakat.

Dengan ukuran surat suara yang cukup besar yang mencapai 54 cm x 84 cm memang akan sedikit meyulitkan untuk melakukan pencontrengan saat berada di bilik suara dengan ukuran panjang 60 cm, lebar 50 cm dan tinggi 60. Namun demikian pemilih diharapkan tetap berhati-hati saat melakukan pencontrengan supaya surat suara tidak mengalami kerusakan yang bisa mengakibatkan tidak sahnya suara yang diberikan pada surat suara tersebut. Usai keempat surat suara dicontreng juga hendaknya dilipat kembali dengan benar supaya dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam kotak suara masing-masing.

Selama kurang lebih lima menit waktu yang dibutuhkan untuk memilih dan mencontreng keempat surat suara saat berada di bilik suara sangat menentukan baik buruknya anggota legislatif yang akan duduk di kursi dewan untuk mewakili masyarakat selama lima tahun kedepan. Untuk itu jangan sampai salah pilih wakil rakyat. Pilih dan contrenglah Caleg-caleg yang memang memiliki kemampuan untuk mewakili masyarakat kecil. Jangan sampai pula untuk tidak menggunakan hak suara yang dimiliki dan lebih memilih menjadi golongan putih (golput). * (image: http://padang-today.com/)

~ by isdiyanto on 9 April 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: