Minggu Pagi di Masjid Agung Jawa Tengah

Beragam aktivitas dilakukan masyarakat Kota Semarang untuk menghabiskan akhir pekannya sekedar untuk menghilangkan penat dari rutinitas kerja sehari-harinya. Salah satu tempat yang banyak dijadikan untuk sekedar menghabiskan waktu di Minggu pagi adalah di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di Jalan Gajah Kota Semarang. Keramaian masyarakat yang datang ke kawasan MAJT hampir tak jauh berbeda dengan keramaian masyarakat yang ada di Kawasan Simpang Lima Semarang di setiap Minggu Pagi.

Di setiap Minggu pagi, dengan menempati pelataran parkir MAJT di sebelah utara, banyak pedagang yang menjajakan beraneka kebutuhan masyarakat sehari-hari dengan harga yang tetap terjangkau. Hampir serupa dengan pedagang yang ada di bundaran Simpang Lima Semarang di setiap malam Minggu dan Minggu pagi. Masyarakat biasanya mulai berdatangan ke MAJT sekitar pukul 06.00 WIB setiap hari Minggu.

parkir-majtUdara di kawasan MAJT yang cukup sejuk turut menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga, kerabat, maupun teman dekat. Dengan adanya tempat parkir sepeda motor -di sebelah timur kanan dan kiri- dan mobil yang cukup luas memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang datang menggunakan sepeda motor atau mobil. Di kawasan MAJT yang cukup luas juga banyak dimanfaatkan untuk ber-jogging ria dengan mengelilingi bangunan utama MAJT.

majtSelain itu dengan banyaknya pedagang di kawasan MAJT, masyarakat juga bisa mendapatkan barang-barang aneka kebutuhan sehari-hari dengan beragam pilihan. Bagi keluarga yang memiliki putra-putri yang masih kecil juga bisa memanjakannya dengan mengelilingi kawasan MAJT menggunakan kereta mini. Atau duduk bersama sambil memberi makan ikan-ikan kecil yang ada di kolam ikan di kawasan MAJT. Tak sedikit juga masyarakat yang datang ke kawasan MAJT hanya sekedar untuk menghabiskan Minggu pagi dengan duduk-duduk di kawasan MAJT bercengkerama dengan keluarga, kerabat, maupun teman dekat.

Selain sebagian masyarakat yang datang ke kawasan MAJT untuk mencari aneka barang kebutuhan sehari-hari dan untuk ber-jogging ria, ada pula masyarakat yang datang ke kawasan MAJT hanya sekedar untuk mencari sarapan di Minggu pagi. Puluhan pedagang makanan pun banyak yang menyajikan aneka makanan, seperti bubur ayam, sate ayam, soto ayam, nasi ayam, nasi goreng, nasi pecel, bakmi jowo, bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, bakso dan lain sebagainya. Semuanya siap disantap dengan hangat di Minggu pagi… *

~ by isdiyanto on 12 April 2009.

5 Responses to “Minggu Pagi di Masjid Agung Jawa Tengah”

  1. Wah rame banget yah….pasti seru !!!!!🙂

  2. wah…jadi pengen ke situ lagi nih….minggu pagi enak kayaknya ya… 😀

  3. Wah mantap juga tuh. Tapi kalo waktu sholat, masjidnya penuh ngak yah..??? Semoga jamaah masjid lebih ramai dari pengunung yg ingin jalan2.

    Kalo jamaah masjidnya kurang– sungguh prihatin… jgn-jgn – jgn-jgn. Ah-ngak mau suuzon.

  4. asik tuh

  5. Ohh, di jogja ada juga nihh yang kayak gini,
    Tempatnya sepanjang jalan depan Masjid Kampus UGM,
    sepertinya tak kalah ramainya juga🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: