Pesona Baru Tugu Muda

tugu muda semarangSejak akhir April 2009 yang lalu, hampir sebagian besar pengendara baik sepeda motor maupun mobil yang melintas di Kawasan Tugu Muda Semarang berusaha melirikkan pandangan matanya ke Tugu Muda. Kawasan Tugu Muda Semarang kini memang tampil lebih cantik dengan pesona baru yang dimiliki yakni adanya air mancur di sekitar tugu tersebut. Penambahan air mancur di Kawasan Tugu Muda Semarang tersebut untuk turut menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Semarang yang ke-462 pada 2 Mei 2009 yang lalu.

Pada saat awal pengoperasian air mancur di Kawasan Tugu Muda ketinggian muncratan air hampir menyamai ketinggian Tugu Muda bahkan melebihinya. Muncratan airnya juga cukup deras. Namun saat ini ketinggian muncratan air tersebut lebih rendah, hanya sekitar setengah dari ketinggian tugu dengan muncratan air yang tidak terlalu deras. Meskipun demikian, dengan adanya air mancur di Kawasan Tugu Muda menjadikan masyarakat tertarik untuk mengunjungi Tugu Muda.

Sebelumnya, Kawasan Tugu Muda sudah memiliki taman dengan beraneka macam bunga yang tertata apik dan bersih. Dengan adanya pesona baru yang dimiliki Tugu Muda, kini Tugu Muda menjadi ramai dikunjungi masyarakat pada sore dan malam hari terutama pada malam Minggu. Tugu Muda kini mulai menjadi salah satu tempat untuk melepaskan penat sesaat sambil menikmati keindahan taman dan muncratan air yang ada di Tugu Muda.

Tugu Muda merupakan tugu yang dibangun untuk mengenang semangat perjuangan masyarakat saat terjadi pertempuran lima hari melawan tentara Jepang dari tanggal 14-18 Oktober 1945 di Kota Semarang. Tugu Muda yang berpenampang segi lima dibuat dengan bentuk lilin yang memiliki makna semangat perjuangan rakyat untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia tak pernah padam. Pada bagian bawah Tugu Muda terdapat relief yang menggambarkan semangat keberanian pejuang Semarang dalam melawan tentara Jepang. Peletakan batu pertama pembangunan Tugu Muda dilakukan pada masa kepemimpinan Gubernur Jawa Tengah Budiyono. Dan bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) pada 20 Mei 1953, Tugu Muda diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia pertama Soekarno.

Tugu Muda terletak di jantung Kota Semarang tepatnya di persimpangan antara Jalan Pandanaran, Jalan Dr. Sutomo, Jalan Soegiyopranoto, Jalan Imam Bonjol dan Jalan Pemuda. Di sekitar Tugu Muda terdapat beberapa bangunan penting seperti Wisma Perdamaian -yang merupakan Rumah Dinas Gubernur Jawa Tengah, Gedung Pandanaran -yang merupakan kantor milik Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, Gedung Lawang Sewu -yang merupakan bekas kantor PT Kereta Api Indonesia (KAI), Gereja Katedral dan Museum Mandala Bhakti. *

~ by isdiyanto on 24 May 2009.

One Response to “Pesona Baru Tugu Muda”

  1. wwweeeeewh….
    keyeeeen juga yah…
    kapanlah diri ini bisa kesana…😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: