Quick Count Pilpres 2009

Setelah masa tenang selama tiga hari pada 5-7 Juli 2009, kemarin (8/7) merupakan hari yang bersejarah bagi perjalanan negeri ini dimana digelar Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) tahun 2009. Masyarakat Indonesia yang telah memenuhi persyaratan menjadi pemilih telah menggunakan hak suaranya untuk memilih secara langsung presiden dan wakil presiden yang layak memimpin Indonesia untuk periode 2009-2014. Tiga pasangan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) sebelumnya telah melakukan kampanye dengan cukup gencar sejak 2 Juni hingga 4 Juli 2009 yang lalu supaya bisa mendapatkan simpati dan dipilih masyarakat.

Seperti halnya pada Pemilu Legislatif tahun 2009 yang lalu, usai pelaksanaan pemungutan suara sejumlah lembaga survei berusaha menyampaikan hasil penghitungan cepat (quick count) yang dilakukannya bekerjasama dengan stasiun televisi. Hasil quick count yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survei tak jauh berbeda dimana menempatkan pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono (nomor urut 2) di posisi pertama, pasangan Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto (nomor urut 1) di posisi kedua, serta pasangan Jusuf Kalla dan Wiranto (nomor urut 3) di posisi ketiga.

pemiluHasil quick count yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) yang ditayangkan di tvOne menempatkan pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono diurutan pertama dengan 60,13 persen suara, pasangan Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto diurutan kedua dengan 27,34 persen suara dan pasangan Jusuf Kalla dan Wiranto di posisi ketiga dengan 12,53 persen suara. (dikutip dari: tayangan di tvOne)

Hasil quick count yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) dan Trans Corp yang ditayangkan di Trans TV dan Trans 7 menempatkan pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono diurutan pertama dengan 60,85 persen suara, pasangan Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto diurutan kedua dengan 26,56 persen suara dan pasangan Jusuf Kalla dan Wiranto di posisi ketiga dengan 12,59 persen suara. (dikutip dari: tayangan di Trans TV)

Hasil quick count yang dilakukan stasiun televisi Metro TV menempatkan pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono diurutan pertama dengan 58,51 persen suara, pasangan Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto diurutan kedua dengan 26,32 persen suara dan pasangan Jusuf Kalla dan Wiranto di posisi ketiga dengan 15,18 persen suara. (dikutip dari: tayangan di Metro TV)

Hasil quick count yang dilakukan Center for Indonesian Regional and Urban Studies (CIRUS) hingga data masuk mencapai 99,90 persen menempatkan pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono diurutan pertama dengan 60,20 persen suara, pasangan Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto diurutan kedua dengan 27,49 persen suara dan pasangan Jusuf Kalla dan Wiranto di posisi ketiga dengan 12,31 persen suara. (dikutip dari: http://www.liputan6.com/)

Hasil quick count yang dilakukan Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) hingga data masuk mencapai 98,75 persen menempatkan pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono diurutan pertama dengan 60,34 persen suara, pasangan Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto diurutan kedua dengan 27,83 persen suara dan pasangan Jusuf Kalla dan Wiranto di posisi ketiga dengan 11,83 persen suara. (dikutip dari: tayangan di RCTI)

Sementara itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) tadi malam (8/7) secara resmi menayangkan hasil tabulasi nasional Pilpres tahun 2009 via SMS. Masyarakat dapat mengaksesnya melalui alamat http://tnp.kpu.go.id/pilpres200907/sms/static/ untuk mengetahui perkembangan penghitungan suara Pilpres tahun 2009. Dan hingga hari ini pukul 17.30 WIB, pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono berada diurutan pertama dengan 61,66 persen suara, pasangan Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto berada diurutan kedua dengan 28,57 persen suara dan pasangan Jusuf Kalla dan Wiranto berada di posisi ketiga dengan 9,77 persen suara.

Meskipun demikian hasil akhir Pilpres tahun 2009 tetap akan mengacu pada perhitungan manual yang dilakukan oleh KPU. Sehingga masyarakat harus sedikit bersabar untuk bisa memastikan pasangan Capres dan Cawapres terpilih yang kelak akan memimpin Republik Indonesia selama lima tahun kedepan dengan visi dan misinya yang telah disampaikan selama masa kampanye yang lalu. * (image: http://kpu.jabarprov.go.id/)

~ by isdiyanto on 9 July 2009.

4 Responses to “Quick Count Pilpres 2009”

  1. Tinggal Nunggu hasil resminya aja…

  2. wah pertama ya…

  3. Dah aku tempel Link ini di bl0g aku. Thanks Ya… tapi kalo boleh sih pake nama whinmedia saja punyaku… heheheh
    Salam kenal

  4. sby menang langsung di bom…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: