Rehat Sejenak di SPBU Muri

spbu muri cMenempuh perjalanan panjang dengan mengendarai kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat pasti cukup melelahkan. Dan untuk sedikit mengembalikan stamina tak ada salahnya berhenti sejenak sembari beristirahat di tengah perjalanan. Di Kabupaten Tegal terdapat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang juga layak dijadikan sebagai tempat rehat sejenak sembari mengisi bahan bakar kendaraan. SPBU 44.521.08 yang terletak di Jalan Raya Dampyak KM 3,5 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal ini cukup unik karena memiliki toilet bersih dalam jumlah yang cukup banyak.

spbu muri aspbu muri bDengan jumlah 67 toilet bersih -yang terdiri dari 12 kamar mandi pria, 15 kamar mandi wanita dan 40 unit urinoir (tempat kencing berdiri untuk laki-laki), SPBU yang diresmikan pada 2 Agustus 2002 yang lalu ini mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai SPBU dengan toilet terbanyak dan terbersih pada 30 Oktober 2004. Dan kini bahkan SPBU milik Shinta Irawaty ini lebih dikenal masyarakat dengan sebutan SPBU Muri.

Kenyamanan dan kebersihan toilet di SPBU Muri sepertinya menjadi perhatian utama pengelolanya. Terbukti meski toiletnya berjumlah cukup banyak namun kebersihannya senantiasa selalu terjaga. Di SPBU Muri tersebut selain menyediakan toilet bersih dalam jumlah yang cukup banyak juga menawarkan beragam fasilitas lainnya seperti minimarket, cafetaria, pijat refleksi, musholla, tempat bermain anak, tempat menyusui anak, smooking room dan penyewaan tempat tidur.

Minimarket yang ada di SPBU Muri menyediakan beragam kebutuhan seperti makanan dan minuman ringan untuk menemani selama menempuh perjalanan. Sementara itu Cafetaria yang dilengkapi dengan pendingin udara juga siap memanjakan lidah dengan aneka menu makanan dan minuman. Bagi pengendara yang merasa capek dapat melakukan pijat dengan tarif yang cukup terjangkau yakni Rp 30.000 untuk pijat refleksi selama 45 menit dan Rp 36.000 untuk pijat capek-capek selama 45 menit. Bahkan bagi pengendara yang merasa ngantuk dan ingin melepas penat dengan tidur sejenak juga disediakan ekstra bed yang dapat dinikmati di ruangan yang bersih dan berpendingin udara cukup dengan harga Rp 15.000 untuk 12 jam.

Musholla yang ada di SPBU Muri cukup luas dan dilengkapi dengan pendingin udara, sehingga dapat menunaikan ibadah sholat dengan nyaman dan tenang. Di SPBU Muri ini juga terdapat fasilitas yang mungkin jarang ditemukan di SPBU lainnya yakni tempat bermain untuk anak-anak dan ruangan khusus bagi ibu yang akan menyusui anaknya. Bagi perokok juga disediakan area khusus untuk mereka yang dilengkapi dengan meja dan kursi yang telah ditata sedemikian rupa.

Sejak tahun 2008 kemarin, SPBU Muri bahkan kembali menambah jumlah toiletnya menjadi 107 toilet yang terdiri dari 12 kamar mandi pria, 55 kamar mandi wanita dan 40 unit urinoir pria. Dengan jumlah toilet yang semakin banyak ini, diharapkan setiap pengendara yang mampir di SPBU Muri tidak mengantre saat akan menggunakan toilet. *

~ by isdiyanto on 29 October 2009.

8 Responses to “Rehat Sejenak di SPBU Muri”

  1. patut dicontoh bgt Pak, soalnya toilet di spbu sering bu😀

  2. Pak Isdiyanto ini sebenarnya apa to kerjaannya? Desain grafis yang suka nulis atau sebaliknya? Hehe

  3. Gedhe banget?

  4. bakalan betah nih kalo SPBU kaya gini smua

  5. iya yah..gede bgt…banyak yg ngisi ga disitu???

  6. kapan kapan ah mampir,,,pengen nyobain toiletnya

  7. wah, asyik jg tuh

  8. Hallah…klo SPBU MURI siy aq udh g exicited lg…udh srg nyamperin siy…klo pjlnn plg ke Smg,suka mampir ksitu…smoga bersih terus y…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: