Jalan Pahlawan Terang Benderang

Salah satu jalan protokol yang ada di Kota Semarang adalah Jalan Pahlawan yaitu jalan sepanjang dari Kawasan Simpang Lima Semarang lurus ke arah selatan sampai dengan perempatan depan Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Jawa Tengah. Jalan Pahlawan merupakan kawasan perkantoran pemerintahan dan perbankan. Karenanya Jalan Pahlawan sering dijadikan sebagai tempat untuk melakukan aksi unjuk rasa untuk menyampaikan aspirasi yang dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat.

Pada saat sore hari di bulan suci Ramadhan sepanjang Jalan Pahlawan menjadi salah satu tempat favorit bagi sebagian masyarakat Kota Semarang untuk ngabuburit. Dan juga menjadi ramai karena banyak terdapat pedagang yang menjajakan aneka makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

Dari ujung selatan Jalan Pahlawan di sisi barat terdapat Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Jawa Tengah, Kantor Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Gedung Rimba Graha, Perusahaan Umum (Perum) Perhutani Unit I Jawa Tengah, Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kantor Gubernur Jawa Tengah, Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah, Citibank Semarang, Bank Mandiri Cabang Pahlawan dan Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) yang saat ini sedang dibangun dengan gedung yang baru.

Sementara itu dari ujung utara Jalan Pahlawan di sisi timur terdapat Living Plaza yang sebelumnya merupakan Ramayana Super Centre, Kantor Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah yang saat ini sedang dibangun kembali, Kantor Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) 11 Jawa Tengah yang saat ini sedang dibangun kembali, Gedung Telkom Indonesia Semarang, Kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Kantor Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah dan Kantor Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Tengah.

Suasana di sepanjang Jalan Pahlawan pada saat malam hari juga cukup ramai dengan banyaknya pedagang aneka makanan yang menggunakan tenda di trotoar jalan. Beragam makanan seperti tahu gimbal, nasi kucingan, nasi goreng, soto dan lain sebagainya. Dan saat ini kondisi Jalan Pahlawan pada saat malam hari semakin terang benderang dengan adanya lampu baru yang buat sejak bulan Agustus 2010 kemarin. Lampu yang berjumlah delapan buah dengan satu tiang besar terletak tepat di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah. Dan rencanaya Pemerintah Kota Semarang bersama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga akan menata kembali Kawasan sepanjang Jalan Pahlawan dan Kawasan Simpang Lima Semarang. Semoga kelak Jalan Pahlawan bisa lebih gemebyar lagi pada saat malam hari dan bisa menjadi salah satu ikon baru di Kota Semarang yang juga merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah. *

~ by isdiyanto on 17 September 2010.

33 Responses to “Jalan Pahlawan Terang Benderang”

  1. jadi pengen jalan-jalan ke smarang gan, hehe,,,

  2. hmmmmmmm…………
    jan…jan…

  3. Ke Semarang baru sekali, termasuk ke Simpang Lima, tapi cuma sebentar.

  4. Wow… iya, terang sekali…😀

  5. Pengin bisa jalan jalan kesana, apalagi kalau sampai disana langsung ada yang traktir! Hehe

    Salam

  6. semaraaang🙂 *belum pernah kesana* hahay (kunjungan balik gan)

  7. jadi inget dulu…3hari 3malam di semarang waktu UMPTN,..hemmmmm

  8. Sekitar 20- tahun lalu aq pernah ke Semarang. Yah dg pergi ke Semarang dan Magelang dg teman2. Kalo ngak salah, Saat itu aq masih duduk di bangku setara SMP kelas 3.

    Sayangnya saat itu kami buru2. Sehingga aq ngak terlalu ingat dg kota tersebut. Yg aq ingat di Semarang ada pantai…

    Semoga suatu saat aq akan menginjakan kaki lagi ke Semarang.

  9. Assalamualaikum.
    Informasi tempat pelancongan yang menarik sekali.
    kalau ada kesempatan, mahu juga ke sana nanti.
    Salam kenal dari Rasa.
    TQ

  10. foto-fotonya menarik bagus-bagus
    aku pernah jalan-jalan kesemarang sampe gosong muter simpang 5 sampe 3 kali heheh gara-gara gag tau jalan😛

  11. tapi terkadang di Jalan Pahlawan semarang kita bisa menyaksikan adanya kesenjangan sosial yang sangat mencolok di negeri ini…
    Tapi harus ku akui Jalan Pahlawan Semarang merupakan tempat nongkrong yang asik….

  12. wah jadi info bagus.. jadi pilih-pilih neh, antara jogja dan semarang… dipikir-pikir, jogja udah gak aneh hehehe

  13. wah semarang ya..
    aku belum pernah ke semarang..
    tapi suatu hari ingin berkunjung kesana..
    doakan ya..😀

  14. mas, ntar kalo ke semarang ajakin aku jalan2 ya…😀

  15. jadi kangen pengen maen ke semarang lagi
    hmmmm

  16. Luar biasa terlihat megah

  17. buset,,, kece amat… hhhaha

  18. gaya penulisan feature-nya keren, serasa berada disana.

  19. dree suka lampu2 pas malam….

  20. semoga semarang makin maju….
    salam kenal…

  21. jl pahlawan tu depan kantor dprd ya?
    hmm,

    klo ke smg hmpir pasti nglewati jalan ini..

  22. mudah2an tahun depan saya bisa jalan2 ke semarang, banyak tempat yg pengen dikunjungin😀

  23. Di situ ada penjual sate & sop kambing yang uenaaaak banget.

  24. belum pernah ke semarang ni.,.,,. kayaknya asik jalan2 kesana!!!

  25. jagan lupa buruak, ajak aku jalan2…salah dewe, napa bikin wisata2 semarang..baguslah lau dah terang githu, selain nambah keindahan kota, ada satu lagi yang terlupa sama kau buruak manfaatnya, yaitu mengurangi tindak kejahatan…..

  26. simpang lima semarang memang tempat wisata kuliner yang menarik, saya sering ke sana bila sedang ke semarang.. makanan nya enak2.. hehe.. tapi sayang harga nya menyamai restoran di jakarta.. atau saya belum berkunjung ke tempat yang murah nya ya ?

  27. wah kereeen… bravo semarang ,hehe

  28. sayang dulu ke semarang cuma sehari dan siang hari jadi nggak bisa liat semarang di malam hari,,, kunjungan balik ditunggu

  29. Wah, jadi kangen pengen pulang…😥

    Kayanya sekarang tambah rame ya, Mas?

  30. Sewaktu sering berada dalam jangka waktu lama di Semarang antara 1997-1998, Simpang Lima dan sekitarnya menjadi tempat favourit untuk dikunjungi. Yang paling mengesankan dari Semarang pada tahun-tahun itu adalah kebersihan kota, kecuali wilayah rob dekat Tanjung Mas. Pagi, siang dan malam, jalan-jalan kota disapu dan dibersihkan. Apa masih begitu?

  31. Area dekat videotron dan pedestrian didaerah kantor gubernuran sekarang sudah diperlebar dan diperindah…Mudah2an semua area trotoar di Semarang bisa rapi dan indah

  32. keren

  33. Tahukah Anda bahwa lampu yang terpasang dari kolaborasi antara PHILIPS dan General Electric.
    sepanjang jalan Pahlawan menggunakan tipe SPP 368 Spectrum SON-T 400 Watt dimming. Sedangkan yang tiang tinggi /higmast menggunakan merk General Electric HPST 1000W. Jadi Anda lihat hasilnya…wow..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: