Partai NasDem Lolos Verifikasi Badan Hukum

Sejak masa pendaftaran dibuka mulai 17 Januari-22 Agustus 2011, sebanyak 14 Partai Politik (Parpol) baru mendaftarkan diri untuk mengikuti verifikasi Badan Hukum yang dilakukan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum dan HAM). Dan pada Jumat (16/11) yang lalu, Kemenkum dan HAM telah mengumumkan bahwa Partai NasDem merupakan satu-satunya Parpol yang berhasil lolos verifikasi Badan Hukum yang dilakukan oleh Kemenkum dan HAM. Sementara 13 Parpol lainnya yang turut mendaftar verifikasi dinyatakan tidak lolos karena tidak mampu memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Ketiga belas Parpol yang dinyatakan tidak lolos adalah:
1. Partai Nasional Republik (Nasrep)
2. Partai Persatuan Nasional (PPN)
3. Partai Kemakmuran Bangsa Nusantara (PKBN)
4. Partai Republik Satu
5. Partai Republik Perjuangan
6. Partai Satria Piningit
7. Partai Penganut Thariqot Islam Negara Islam Indonesia
8. Partai Karya Republik (Pakar)
9. Partai Serikat Rakyat Independen (SRI)
10. Partai Indonesia Rakyat Bangkit
11. Partai Independen
12. Partai Kekuatan Rakyat Indonesia (PKRI)
13. Partai Demokrasi Pancasila (Depan)

Verifikasi Parpol untuk dapat memiliki status Badan Hukum yang dilakukan Kementerian Hukum dan HAM berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Perubahan Atas UU Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik. Salah satu syarat yang cukup berat untuk dapat menjadi Parpol yang memiliki status Badan Hukum adalah Parpol harus mempunyai kepengurusan pada setiap Provinsi dan paling sedikit 75% (tujuh puluh lima perseratus) dari jumlah Kabupaten/Kota pada Provinsi yang bersangkutan dan paling sedikit 50% (lima puluh perseratus) dari jumlah Kecamatan pada Kabupaten/Kota yang bersangkutan.

Partai NasDem setelah resmi memiliki status Badan Hukum, perlu kembali mempersiapkan diri untuk mengikuti verifikasi Parpol peserta Pemilihan Umum Tahun 2014 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang diperkirakan akan dimulai bulan April 2012 mendatang.

Partai NasDem sebagai Parpol baru semoga dapat memberikan warna tersendiri dalam percaturan politik di Indonesia dan semoga mampu menyuarakan dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Dan yang tak kalah pentingnya adalah semoga Partai NasDem mampu dan terus melaksanakan secara keseluruhan fungsi-fungsi yang dimilikinya sebagai Parpol. *

~ by isdiyanto on 25 December 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: